Rabu 21 Jun 2023 17:05 WIB

Status Pandemi Covid-19 Dicabut Tepat di Hari Ulang Tahun Jokowi

Jokowi meminta masyarakat tetap menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Fergi Nadira B, Rizky Suryarandika/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo.
Foto: Tangkapan Layar/BPMI Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Status pandemi Covid-19 di Indonesia resmi dicabut per hari ini oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Uniknya, pencabutan status pandemi ini bertepatan dengan hari ulang tahun Jokowi yang jatuh pada 21 Juni.

"Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19, sejak hari ini Rabu 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi,” kata Jokowi dalam video konferensi pers pencabutan status pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, (21/6/2023).

Baca Juga

Jokowi menyampaikan, keputusan pencabutan masa pandemi Covid-19 ini diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus Covid-19 yang mendekati nihil. Selain itu, hasil sero survei juga menunjukkan bahwa 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19.

“WHO juga telah mencabut status public health emergency of international concern,” lanjutnya.

Kendati demikian, Jokowi tetap meminta masyarakat untuk berhati-hati dan menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih. Jokowi berharap, dengan pencabutan status pandemi ini maka perekonomian nasional akan semakin membaik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial serta ekonomi masyarakat.

“Dengan keputusan ini, pemerintah berharap perekonomian nasional akan bergerak semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial, ekonomi masyarakat,” kata Jokowi.

Pada hari ini, Jokowi berulang tahun ke-62. Ucapan doa dan harapan serta mulya pun membanjiri lini masa media sosial, mulai dari jajaran menteri di kabinetnya, politisi, hingga masyarakat Indonesia.

"Terima kasih untuk ucapan selamat, harapan, dan doa-doa dari saudara-saudaraku. Syukur kehadirat Allah SWT atas karunia kesehatan dan keselamatan untuk kita semua," kata Jokowi di akun resmi Twitter @jokowi dikutip Republika di Jakarta pada Rabu.

"Usia kita akan lebih berarti apabila diisi dengan menjalankan amanah untuk membawa kemajuan bagi negeri tercinta," imbuhnya disertai foto dirinya tengah berada di mimbar dengan mengenakan pakaian presiden rapi berdasi merah.

 

Unggahan Jokowi di Twitter mendapatkan impresi 279,3 rubu sejak tiga jam muncul, dengan lebih dari 1.000 komentar dan 7.500 menyukai. Sementara di Instagram, Jokowi mengucapkan terima kasih serupa dengan di Twitter yang telah  mendapatkan lebih dari 425 menyukai dengan lebih dar 27 ribu komentar.

Di Instagram, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengucapkan selamat ulang tahun ke-62 bagi Jokowi. Menurut Erick, Jokowi bukan sekadar sosok pemimpin yang visioner, namun juga pimpinan yang selalu berjuang untuk kemakmuran rakyat.

"Selamat ulang tahun yang ke-62, Pak Presiden. Indonesia beruntung memiliki presiden yang membuat kita bangga dan yakin dengan kemampuan bangsa kita," tulis Erick melalui akun Instagram @erickthohir pada Rabu (21/6/2023).

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Jokowi, yang dulu pernah berpasangan ketika memimpin DKI Jakarta. Ahok mendoakan agar Jokowi selalu sehat dan damai.

"Selamat ulang tahun ke-62 Bapak Presiden @jokowi, tetap sehat dan selalu ada sukacita dan damai sejahtera Tuhan menyertai seluruh hidupnya," kata Ahok melalui akun Instagram-nya, Rabu (21/6/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mendoakan agar Jokowi panjang umur. Dia juga menuturkan bahwa teman akan selalu loyal.

"Panjang umurnya dan diberkati dalam hidupnya. A Friend is always loyal," ujar Ahok menyertai foto dirinya bersama Jokowi.

Pada 21 Juni 1961, Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Tahun ini meruapkan kesembilannya kalinya Jokowi berulang tahun sebagai Presiden RI.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement