Selasa 20 Jun 2023 23:50 WIB

Warga Aceh Temukan Mortir Aktif Peninggalan Belanda

Saksi sedang mencangkul tanah dan mengenai benda yang menyerupai bom aktif.

Bom (ilustrasi). Warga Aceh menemukan mortir (bom) aktif diduga peninggalan Belanda.
Foto: hdwpapers.com
Bom (ilustrasi). Warga Aceh menemukan mortir (bom) aktif diduga peninggalan Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Warga Gampong Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh Syafrizal (56) menemukan mortir (bom) aktif diduga peninggalan Belanda. Bom tersebut kini telah dievakuasi tim Jibom Sat Brimobda Polda Aceh.

"Benar, tadi siang ada penemuan mortir di samping rumah penduduk gampong Pango Raya sekitar pukul 16.40 WIB," kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melalui Kapolsek Ulee Kareng Iptu Roby Afrizal, di Banda Aceh, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga

Roby mengatakan, mortir tersebut ditemukan saksi saat hendak membersihkan kebun di dekat pekarangan rumahnya. Lalu, saat ia sedang mencangkul tanah dan mengenai benda yang menyerupai bom aktif.

Melihat benda tersebut, saksi kemudian langsung berhenti membersihkan kebun dan melaporkan temuannya ke Polsek Ulee Kareng. Setelah itu, personel Polsek Ulee Kareng langsung menuju lokasi melihat benda yang diduga bahan peledak berbentuk bulat tersebut, dan dilakukan pengamanan TKP.

"Kita langsung menghubungi dengan Kabag Ops untuk berkoordinasi temuan tersebut dan dilanjutkan ke Unit Jibom Sat Brimobda Polda Aceh," ujarnya.

Selanjutnya, kata Roby, sekitar pukul 17.00 WIB tim Jibom Sat Brimobda Polda Aceh tiba di TKP untuk mengamankan bom tersebut. "Mortir bom berukuran 40 cm itu saat ini sudah dievakuasi oleh tim Jibom," kata Iptu Roby.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement