Rabu 21 Jun 2023 06:10 WIB

Kemendag Waspadai Pasokan Pangan dari Negara Terdampak El Nino

Gula dan beras dicemati pasokannya agar tak terganggu El Nino.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.
Foto: dok pribadi
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, saat ini Kementerian Perdagangan sedang melakukan antisipasi menghadapi ancaman El Nino terhadap stok bahan pokok.

"Kami antisipasi. Kami buat MOU dengan beberapa negara untuk bahan pokok yang dilakukan oleh Bulog dan Badan Pangan Nasional (Bapanas)," kata Zulhas seusai meninjau pasar murah di Denpasar, Bali, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga

Untuk keseluruhan jenis bahan pokok dan negara yang disepakati, kata dia, menjadi kewenangan Bapanas selaku leading sector. Yang penting untuk diantisipasi adalah bahan pokok yang dibeli Indonesia dari negara yang berpotensi terdampak El Nino.

"Kita bersyukur tidak mengalami. Hanya memang harus waspada karena kita baca berita bahwa India (terdampak) ya, kita banyak beli gula di sana," ujarnya.

Selain itu, Zulhas menyebut negara seperti Malaysia dan Myanmar mengekspor berasnya untuk Indonesia. "Soal beras betul-betul kita cermat. Jangan sampai nanti fenomena alam ini mengganggu pasokan kita," kata dia.

Hingga saat ini, Zulhas mengaku belum ada dampak ancaman kekeringan itu terhadap pasokan bahan pokok di pasaran, meskipun diprediksi puncaknya akan terasa pada Agustus 2023.

Kondisi stok bahan pokok yang stabil ini juga tidak terpengaruh dengan Idul Adha pada 29 Juni nanti. "Menjelang Idul Adha aman terkendali bagus. Kemarin saya juga ke Maluku juga sama," ucapnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement