Selasa 20 Jun 2023 18:26 WIB

Propam Polri: Bripka Heri Prasetyo Panutan Seluruh Polisi

Bripka Heri Prasetyo membangun TK Bumi Damai Indonesia.

Ilustrasi polisi mengajar di sekolah TK. Bripka Heri Prasetyo merupakan personel Polri yang aktif mengelola sekolah TK di Gunung Kidul Yogyakarta.
Foto: Antara/Rahmad
Ilustrasi polisi mengajar di sekolah TK. Bripka Heri Prasetyo merupakan personel Polri yang aktif mengelola sekolah TK di Gunung Kidul Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri mendorong anggota kepolisian untuk meneladani sosok Bripka Heri Prasetyo, anggota Subbid Provos Bidpropam Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang membangun taman kanak-kanak (TK) gratis di pelosok Gunungkidul.

Hal itu disampaikan Anjak Madya Biro Wabprof Divpropam Mabes Polri, Kombes Pol. Bambang Tertianto saat kunjungan ke TK Bumi Damai Indonesia yang dibangun Bripka Heri, sebagaimana ditugaskan oleh Kepala Divisi (Kadiv) Propam Polri Irjen Pol. Syahardiantono.

Baca Juga

"Kita dari perwakilan Divpropam Mabes Polri mengunjungi TK Bumi Damai Indonesia ini berkaitan dengan sosok dari Bripka Heri Prasetyo, yang mana kita ketahui bersama kan beliau membangun TK ini inisiatif sendiri, terus juga masalah pembiayaan dari mereka," kata Bambang di Dusun Krambil, Kab. Gunungkidul, DIY, Selasa.

Bambang mengatakan Bripka Heri merupakan sosok yang pantas dijadikan panutan (role model) bagi anggota Polri lainnya, terlebih karena polisi akan selalu dipandang oleh masyarakat.

"Kita menjadikan beliau itu role model polisi kita, sebagai panutan bahwa polisi karena tugas kita tugas mulia, itu kan dilihat dipandang masyarakat: nah, ini kita tampilkan sosok Bripka Heri Prasetyo bahwa sosok beliau lah yang bisa pantas dijadikan panutan," ujar Bambang.

Menurut Bambang, kepekaan sosial Bripka Heri dalam membangun TK Bumi Damai Indonesia memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar. Dia menyebut pendidikan bagi anak usia TK adalah hal krusial dalam membentuk generasi bangsa.

"Membangun TK ini sangatlah berguna. Adik-adik kita yang TK itu 'kan merupakan cikal bakal generasi muda bangsa, jadi kita-kita ini, yang dewasa ini, tentunya itu sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita mengenyam masa pendidikan awal kita," ucapnya.

Dia kemudian menyoroti visi dari TK Bumi Damai Indonesia yang didirikan Bripka Heri, yakni membentuk anak berakhlak mulia, cerdas, baik, dan terampil, sehingga terwujud anak yang kreatif, mandiri, produktif, dan nasionalisme.

Menurutnya, visi tersebut dapat mempersiapkan peserta didik agar lebih matang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya di tingkat sekolah dasar.

Bambang berharap akan muncul sosok Bripka Heri lainnya dari internal Polri. Tidak hanya di bidang pendidikan kanak-kanak, tetapi juga di bidang lainnya yang berpengaruh positif untuk kehidupan masyarakat.

"Karena kita jadikan beliau role model, jadi kita menstimulasi polisi-polisi kita yang lain, harapannya akan meniru, menjadikan panutan kegiatan-kegiatan yang seperti ini di bidang-bidang lainnya, tidak menentu di bidang pendidikan," imbuhnya.

Bripka Heri Prasetyo merupakan Anggota Subbid Provos Bidpropam Polda DIY. Dia mendirikan TK Bumi Damai Indonesia di Dusun Krambil, Girisekar, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul, DIY.

TK yang mulai aktif beroperasi sejak 2020 tersebut tidak memungut biaya apa pun kepada siswanya. Selain itu, seluruh biaya operasional, termasuk gaji tenaga pengajar, ditanggung oleh Bripka Heri dari gajinya sebagai anggota Polri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement