Senin 19 Jun 2023 15:06 WIB

Atap Masjid di Cibinong Bogor Jebol Tersambar Petir

Masjid di Nanggewer, Cibinong, Bogor mengalami kerusakan atap karena tersambar petir.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Atap masjid di Kampung Sampora RT.02/RW.01, Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor rusak terkena sambaran petir, Senin (19/6/2023).
Foto: BPBD Kabupaten Bogor
Atap masjid di Kampung Sampora RT.02/RW.01, Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor rusak terkena sambaran petir, Senin (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Atap masjid di Kampung Sampora RT 002 RW 01, Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor rusak terkena sambaran petir. Selain itu, listrik di masjid tersebut juga padam sehingga belum bisa digunakan untuk sementara waktu.

Staff Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jalaludin, mengatakan persitiwa itu terjadi pada Ahad (18/6/2023) malam sekitar pukul 23.50 WIB. Anggota BPBD yang menerima laporan pada Senin (19/6/2023) pagi langsung bergerak menuju lokasi kejadian.

Baca Juga

“Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi dan disertai petir yang mengakibatkan masjid rusak pada bagian atap,” ujar Jalal dalam keterangannya, Senin (19/6/2023).

Jalal menjelaskan, petir tersebut menyambar pada tengah malam sehingga tidak menyebabkan korban jiwa ataupun luka. Kendati demikian sambaran petir tersebut tetap membuat rumah ibadah umat muslim itu mengalami kerusakan.

“Dampak dari bencana alam ini membuat Masjid Al-Jannah mengalmai rusak ringan, dengan keterangan beberapa bagian atap yaitu genting dan plafon ambruk,” tambahnya.

Saat ini, kata Jalal, bangunan tersebut memerlukan terpal sebagai kebutuhan dasar agar bisa menutupi atap yang sedang rusak. Selain itu, hingga saat ini listrik tempat ibadah umat muslim ini pun masih dalam keadaan mati.

“Kegiatan ibadah masjid Al Jannah untuk sementara di alihkan ke madrasah atau majelis di sebelah masjid,” jelasnya.

Dengan gotong royong, saat ini warga pun tengah melakukan perbaikan terhadap Masjid yang disambar petir pada tengah malam tadi. “Masjid Al-Jannah belum lama direnovasi, Hujan yang cukup deras dan Sambaran petir menyebabkan bagian atap rusak butuh tindak lebih lanjut dari pihak terkait,” kata Jalal.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement