Senin 19 Jun 2023 07:53 WIB

Borong 15 Medali, UGM Raih Juara Umum II Olimpiade MIPA 2023

Tahun ini, UGM mengirimkan 17 mahasiswa yang berlaga di empat bidang.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
 Tim Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) UGM.
Foto: Dokumen
Tim Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) UGM.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil meraih 15  medali dari ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) yang digelar pada 13-17 Juni 2023 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Perolehan tersebut menempatkan UGM sebagai Juara Umum II dalam kompetisi bergengsi tingkat nasional ini.

Direktur Kemahasiswaan UGM, Sindung Tjahyadi, mengungkapkan bahwa UGM sukses memborong 15 medali ON MIPA dari bidang matematika, biologi, fisika, dan kimia. Ke-15 medali tersebut meliputi tiga emas, dua perak, enam perunggu, serta empat honorabel mention.

"UGM berhasil meraih 15 medali dan perolehan itu menempatkan UGM menjadi Juara Umum II setelah ITB dengan 16 medali," kata Sindung.

Dikatakan prestasi yang berhasil diraih menjadi sebuah kebanggaan bagi UGM. Ia menuturkan capaian tersebut merupakan hasil kerja mahasiswa, bimbingan dosen pelatih dan pembimbing, serta dukungan dan fasilitasi dari pimpinan fakultas serta universitas.

"Selamat kepada tim ON MIPA UGM. Penghargaan yang tinggi kepada para pembina empat bidang dan Subdit Kreativitas Direktorat Kemahasiswaan UGM yang memfasilitasi dan mengawal adik-adik, sejak seleksi, latihan, hingga kompetisi. Capaian sebagai Juara Umum II merupakan peningkatan dari tahun lalu dan semoga kita semakin dapat membangun sinergi untuk ke depan yg lebih sukses," tegasnya.

Dalam ON MIPA tahun ini, UGM mengirimkan 17 mahasiswa yang berlaga di empat bidang ON MIPA. Dari jumlah tersebut 15 di antaranya berhasil menyumbangkan medali bagi universitas.

Medali emas berhasil diraih  Orlando Ferrari (FMIPA) dari bidang matematika, Dayanu Ikhsanuddin (FMIPA) dari bidang kimia dan M Arif Arkan (FMIPA) dari bidang kimia.

Sementara medali perak berhasil disumbangkan La Ode Muhammad Aditya Isnan (FMIPA) dari bidang kimia dan Pratama Atha Nafi (Fakultas Biologi) dari bidang biologi.

Medali perunggu diperoleh Muhammad Fatkhurrohman (FMIPA), Rama Sulaiman Nurcahyo (FT), Fajar Arif Shodiqin (FMIPA), Akbar Adi Nugroho (FMIPA) dari bidang matematika.

Lalu, Thomas Panogari Manik (FMIPA) dari bidang fisika dan Kevin Lensrich (Fakultas Farmasi) dari bidang biologi. Penghargaan honorabel mention diperoleh Muhammad Raihannafi Fadhel (FMIPA) bidang fisika, Muhammad Adhen (FMIPA) bidang fisika, Naufal Ahmad Fauzy (Fakultas Farmasi) bidang kimia, dan Syafira Nurul Aisya (Fakultas Biologi) bidang biologi.

ON MIPA merupakan olimpiade tahunan yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek yang memperlombakan empat bidang yaitu matematika, fisika, kimia, serta biologi. Kompetisi ini diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement