Jumat 16 Jun 2023 14:25 WIB

Whitesky Group Siap Serap Lulusan Sekolah Vokasi Kemenhub

Whitesky Group membutuhkan  SDM yang akan mendukung kegiatan usahanya. 

Kerja sama PT Whitesky Aviation dan Kemenhub.
Foto: dok. Republika
Kerja sama PT Whitesky Aviation dan Kemenhub.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG - Untuk mendukung program Pemerintah dalam menyerap lulusan sekolah vokasi sekaligus meningkatkan kemampuan dari SDM transportasi udara, maka Whitesky Group melakukan kerja sama dengan beberapa institusi yang berada di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kerja sama ini yang ditanda tangani di sela-sela Heli Expo Asia (Hexia) ini dilakukan antara Whitesky Group dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara (PPSDMPU), Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) dan Bandara Internasional Kalimarau Berau, Kalimantan Timur.

CEO and Founder Whitesky Group Denon Prawiraatmadja mengatakan, sebagai pelaku industri pihaknya sangat membutuhkan sumber daya manusia yang akan mendukung kegiatan usahanya. Dimana saat ini, Whitesky Group merupakan salah satu operator helikopter terbesar di Tanah Air yaitu Heli City.

“Untuk itulah kami membutuhkan sumber daya manusia dibidang transportasi udara, khusus helikopter. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, kita dari industri, dapat bersinergi dengan dunia pendidikan terutama pergurunan tinggi transportasi yang berada di bawah pengelolaan Kemenhub,” kata Denon dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (16/6/2023). 

Dia mengatakan, pihaknya siap berbagi ilmu kepada para lulusan sekolah transportasi. Sehingga, mereka dapat meningkatkan kemampuan dan pengalaman untuk bisa diterapkan saat berkerja nantinya.

Tidak hanya sebagai operator helikopter, kata Denon, Whitesky Group juga mengelola heliport yaitu Cengkareng Heliport (CHP) yang berada di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Pengunaan heliport ini juga sebagai pendukung aksesibilitas bagi masyarakat yang ingin ke bandara atau ke pusat kota di Jabotabek.

“Dan untuk mengembangkan usaha, kami juga berencana akan membangun Heliport di Bandara Internasional Kalimarau Berau, Kalimantan Timur. Dengan makin bertambah jaringan ini, kami membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak lagi. Karenanya kami harapkan kerja sama dapat mendukung kegiatan bisnis Whitesky Group,” katanya.

Link and match

Sementara itu, Direktur Marketing dan Pengembangan Bisnis PT Whitesky Aviation, Ari Nurwanda menjelaskan, bahwa kerja sama yang dilakukan dengan beberapa institusi memiliki tujuan agar link and match antara dunia usaha dan usaha industri yanh saling menguntungkan. 

“Kepada PPSDMPU kami bekerja sama dalam rangka mendukung sumber daya manusia di penerbangan khususnya helikopter, dengan menyerap tenaga kerja, membantu pilot untuk terserap dibidangnya setelah lulus dari sekolah penerbangan, dan membantu pilot untuk menambah jam terbang yang akan berpengaruh terhadap jenjang karir pilot di masa depan,” katanya.

Sedangkan kerja sama dengan BBKFP, kata Ari, dalam rangka kerjasama dukungan personil instruktur, pilot, dan teknisi. Selain itu kerja sama untuk menambahkan jam terbang juga untuk type rating. Sedangkan kerja sama dengan Bandara Internasional Kalimarau Berau adalah untuk pembangunan heliport di area sisi airport, mengembangkan daerah Berau, mengembangkan infrastruktur airport.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement