Rabu 07 Jun 2023 14:47 WIB

Top 5 Universitas Terpopuler di Kalimantan Barat Versi uniRank

Dua dari 5 universitas terbaik di Kalbar masuk 100 terbaik se-Indonesia

Universitas BSI juga berhasil masuk dalam 50 Universitas Terbaik versi LLDIKTI Wilayah III
Foto: Dok UBSI
Universitas BSI juga berhasil masuk dalam 50 Universitas Terbaik versi LLDIKTI Wilayah III

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Indonesian University Ranking (uniRank) tahun 2023 telah merilis daftar 582 universitas terpopuler di seluruh Indonesia. Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dirilis uniRank tahun 2023 terdapat 5 Perguruan Tinggi Terpopuler di Kalimantan Barat yang dapat dijadikan acuan bagi calon mahasiswa baru atau lulusan SMA/SMK/sederajat yang ada di Kalimantan Barat untuk melanjutkan kuliah. 

Muhammad Sony Maulana selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi) Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, mengungkapkan bahwa 4ICU (4 International College & Universities) uniRank merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang berpusat di negara Australia. 

“Dalam pemeringkatan, 4ICU uniRank menerapkan referensi keaktifan website maupun sosial media sebagai salah satu komponennya. Bisa dikatakan, bahwa uniRank melakukan pemeringkatan berdasarkan tingkat kepopuleran dari website perguruan tinggi,” ujar Sony dalam keterangan tertulis, Senin (5/6/2023). 

Ia menambahkan, masyarakat Kalimantan Barat harus bangga karena dua diantara 5 Universitas terbaik didaerahnya, ternyata menempati urutan 100 Top Universities in Indonesia, salah satunya Universitas BSI kampus Pontianak yang berada di urutan 76 peringkat nasional. 

Dikutip dari 4icu.org, berikut adalah 5 Top Universitas terbaik yang ada di Kalimantan Barat: 

1. Universitas Tanjungpura (UNTAN) 

Peringkat Nasional : 64 

Peringkat Daerah : 1

Universitas Tanjungpura atau yang disingkat Untan merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia. Didirikan tahun 1959, kampus ini memiliki akreditasi unggul dengan visi nya yang menjadi preservasi dan pusat informasi ilmiah yang mampu mencetak generasi muda yang ahli di bidang teknologi dan mampu berkompetesi baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional. 

2. Universitas Bina Sarana Informatika

Peringkat Nasional : 76 

Peringkat Daerah : 2

Memiliki visi menjadi universitas unggul di bidang ekonomi kreatif, Universitas BSI atau yang lebih dikenal sebagai Kampus Digital Kreatif terus berkomitmen melebarkan sayapnya di berbagai wilayah Indonesia, dan tersebar di 20 kota, diantaranya, Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, Karawang, Cikampek, Cibitung, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Pontianak.

Dengan taglinenya ‘Kuliah BSI Aja!’, Universitas BSI juga berhasil masuk dalam 50 Universitas Terbaik versi LLDIKTI Wilayah III dan mendapatkan akreditas Baik Sekali dari BAN-PT. Untuk menjadi universitas berkualitas seperti saat ini, Universitas BSI memiliki beberapa lembaga seperti BSI Career Center (BCC) sebagai pusat pelatihan dan pendampingan mahasiswa tentang dunia kerja. Selain itu, lewat BSI Entrepreneur Center (BEC), Universitas BSI mengajak mahasiswa untuk menjadi pengusaha bahkan sebelum di wisuda. 

Universitas BSI juga konsisten memberikan fasilitas dalam mengembangkan karya inovasi dan ide kreatif mahasiswa melalui lembaga BSI Innovation Center (BIC), serta lembaga BSI Startup Center (BSC) yang membantu mahasiswa untuk membentuk dan mengembangkan perusahaan rintisannya. Saat ini Universitas BSI telah membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) gelombang 4 dengan tanggal pendaftaran mulai dari 6 Juni hingga 4 Juli 2023. Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di kampus terbaik di Kalimantan Barat dapat mengunjungi laman berikut: https://ubsi.pmbonline.id/pmb. 

3. Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) 

Peringkat Nasional : 252

Peringkat daerah : 3

Berdiri tahun 1990, Universitas Muhammadiyah Pontianak atau UMP kini berhasil memiliki akreditasi Baik Sekali. Dengan visinya menjadi universitas unggul dalam pengembangan iptek, seni dan sumber daya manusia untuk pemberdayaan masyarakat berdasarkan nilai-nilai ke Islaman, membuat UMP berkomitmen untuk menghasilkan lulusan bermutu tinggi. UMP merupakan satu 178 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Kopertis Wilayah XI sebagai perguruan tinggi terbanyak di Kalimantan dalam Penelitian, Pengabdian dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). 

4. Universitas Panca Bhakti (UPB)

Peringkat Nasional : 421

Peringkat Daerah : 4

Universitas Panca Bhakti (UPB) atau yang disingkat UPB merupakan universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1983. UPB berawal dari gabungan beberapa sekolah tinggi, diantaranya Akademi Pimpinan Perusahaan (APP), Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), Sekolah Tinggi Ilmu Teknik (STIT) dan Sekolah tinggi Ilmu Pertanian (STIP) yang dibentuk oleh Yayasan Panca Bhakti Pontianak.  Saat ini UPB telah memilki akreditas B dengan 5 fakultas dan 8 program studi unggulannya.

5. Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat (UNU Kalbar) 

Peringkat Nasional : 485 

Peringkat Daerah : 5 

Dengan taglinenya Kampus Berani Berkarya dan Berkontribusi, UNU Kalbar merupakan salah satu perguruan tinggi di Kalimantan Barat yang diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Dr (HC) H Jusuf Kalla pada tanggal 31 Januari 2-2015. Walaupun terbilang muda, UNU Kalbar memilki visi terwujudnya Sumber Daya Manusia berkarakter Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja) yang Berkompeten, Berkarya dan Berdaya Saing pada 2035. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement