Selasa 06 Jun 2023 02:32 WIB

Perusahaan Hadapi Tantangan Baru Merekrut Bakat

IHRS merupakan acara tahunan mengenai sumber daya manusia yang dihelat SKK Migas.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bekerja sama dengan tiga perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) akan menggelar IHRS 2023 pada 19-20 Juni 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center.
Foto: Dok IHRS
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bekerja sama dengan tiga perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) akan menggelar IHRS 2023 pada 19-20 Juni 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan saat ini menghadapi tekanan, prioritas, dan tantangan baru saat menarik dan merekrut bakat. Untuk mendapatkan karyawan yang terbaik, tidaklah mudah. 

Chairwoman Indonesia Human Resources Summit (IHRS) 2023, Mira Tripuspita mengatakan praktisi dan pejabat SDM harus punya jam terbang dan pengalaman khusus untuk itu. "Tapi hal ini bisa dipelajari. IHRS 2023 akan mengupas hal itu semuanya dengan tuntas," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/6/2023). 

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pemangku jabatan SDM dalam melakukan rekrutmen karyawan. Diantaranya, sebut Mira, melakukan seleksi dan verifikasi administratif tentang informasi seorang calon karyawan, menjadi jembatan antara calon karyawan dan user di  perusahaan, dan memberikan informasi penting bagi calon karyawan sebelum bergabung di perusahaannya. 

Hal ini membutuhkan pengalaman, tips, trik khusus, dan keterampilan yang bisa dipelajari saat melakukan rekrutmen. IHRS 2023 menampilkan pemateri yang berpengalaman dan ahli di bidangnya yang akan berbagi pengalaman, wawasan, dan pandangan terhadap topik tertentu. "Salah satunya adalah mengenai HR Strategy Roadmap to Win Talent War & Talent Development," kata Mira.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bekerja sama dengan tiga perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) akan menggelar IHRS 2023 pada 19-20 Juni 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center. Ketiga KKKS itu adalah PT Pertamina Eksplorasi Produksi (Pertamina EP), Saka Indonesia Pangkah Limited, Eni Muara Bakau BV serta didukung PT Multi Taruna Sejati kembali.

IHRS merupakan acara tahunan mengenai sumber daya manusia paling bergengsi di Indonesia dan ASEAN yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade sejak 2009. Tahun ini merupakan gelaran yang ke-13 dengan  mengusung tema 'Redefining Human Capital: Inspiring People to Take Action'. 

Mira menambahkan ajang ini sangat prestisius karena para pejabat, CEO, praktisi SDM dari berbagai bidang usaha hadir. Mereka akan memberikan kontribusi pemikiran untuk menghadapi tantangan yang harus dihadapi di masa depan.

"Masyarakat umum juga bisa ikut serta dalam ajang pertemuan tahunan para  profesional SDM kali ini, sekaligus mengintip peluang agar bisa mudah masuk ke perusahaan kelas dunia," ungkapnya. 

Selain diikuti banyak praktisi SDM yang berasal dari BUMN, IHRS 2023 juga akan dihadiri berbagai praktisi yang berasal dari industri perbankan, asuransi, jasa keuangan, otomotif, transportasi, manufaktur, dan jasa lainnya. Semua peserta mendapatkan kesempatan yang sama untuk menuliskan berbagai hal yang terjadi di perusahaannya, memaparkannya di hadapan peserta lain, dan memperoleh masukan dari peserta lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement