Senin 05 Jun 2023 07:40 WIB

Jokowi tak Datang ke Acara Formula E 2023, Ini Alasannya

Sudan direncanakan jauh hari, Jokowi menghabiskan akhir pekan di Yogyakarta.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Fuji Pratiwi
Pembalap Maserati MSG Racing Maximilian Gunther juara seri 11 Formula E, Jakarta, Ahad (4/6/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pembalap Maserati MSG Racing Maximilian Gunther juara seri 11 Formula E, Jakarta, Ahad (4/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak datang ke acara Formula E 2023 yang diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara. Padahal, tahun lalu Jokowi datang dan memberikan piala kepada Mitch Evans karena berhasil menjadi juara Formula E Jakarta 2022.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, mengatakan alasan Presiden Jokowi tidak datang ke Formula E 2023 karena sedang berada di luar kota tepatnya di daerah Yogyakarta. "Kebetulan kan beliau long weekend, jadi memang sudah diagendakan dari jauh hari berada di Yogyakarta. Kegiatan di Yogya," kata Dito di acara Formula E 2023 pada Ahad (4/3/2023).

Baca Juga

Namun, saat ditanya apakah kedatangannya untuk mewakili Presiden Jokowi di acara Formula E 2023. Ia hanya menjawab singkat. "Saya mewakili pemerintah," ujar Dito.

Sebelumnya diketahui, Project Director Jakarta E-Prix 2023, Ivan Cahya Permana, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan datang untuk menonton Formula E yang digelar di Ancol, Jakarta Utara (Jakut) pada 3-4 Juni 2023. "Akan datang. Insya Allah kemarin disampaikan kepada kami akan datang," kata Ivan di Ancol, Jakut, pada Selasa (9/5/2023).

Dia pun berharap, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin dan ketua umum partai politik lainnya juga datang untuk menghadiri acara Formula E 2023. "Iya kalau lihat tahun lalu kan Pak Presiden, Pak Wapres, ketua partai semua pada datang, ya insya Allah tahun ini semuanya datang," ujar Ivan.

Pembalap Maserati MSG Racing Maximilian Gunther dari Jerman merebut juara 1 Gulavit Jakarta E-Prix 2023 seri ke-11, Ahad (4/6/2023). Juara kedua Jake Dennis (Inggris) dari tim Avalanche Andretti dan juara ketiga Mitch Evans (Australia) dari Jaguar TCS Racing. 

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyerahkan piala kepada pemenang. Sebelumnya pada hari Sabtu (3/6/2023) penyerahan hadiah dilakukan oleh Ketua Steering Comittee Formula E 2023 Bambang Soesatyo (Bamsoet) kepada juara keempat.

Setelah Bamsoet penyerahan dilakukan oleh Ketua Official Comittee Formula E 2023 Ananda Mikola kepada juara ketiga dan Direktur GulaVit Randy Suparman kepada juara kedua. Terakhir penyerahan hadiah kepada juara pertama oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Mereka yang menerima piala yakni pembalap TAG Heuer Porsche Pascal Wehrlein (juara 1), pembalap Avalanche Andretti Jake Dennis (juara 2), pebalap Maserati MSG Maximilian Günther  juara 3), dan pembalap DS Penske Stoffel Vandoorne (juara 4).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement