Ahad 04 Jun 2023 21:37 WIB

Musim Kemarau, Warga Padang Diminta Hemat Air

Hujan sudah jarang turun di Kota Padang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Musim Kemarau, Warga Padang Diminta Hemat Air. Foto: Sungai di Padang (Ilustrasi).
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Musim Kemarau, Warga Padang Diminta Hemat Air. Foto: Sungai di Padang (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG-- Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal, mengimbau warga supaya menghemat air karena musim kemarau telah berdampak berkurangnya sumber air.

Hendra menyebut debit air sungai di Kota Padang sudah jauh menurun sehingga berkurangnya air yang masuk ke dalam intake.

Baca Juga

"Dampak musim kemarau ini berkurangnya debit air sungai. Kami minta masyarakat sementara agar hemat air," kata Hendra, Sabtu (3/6/2023).

Hendra mengakui berkurangnya debit air membuat pihaknya mulai kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih ke rumah-rumah warga.

Hendra juga mengimbau warga atau pelanggan Perumda Air Minum untuk menggunakan bak penampung sebagai antisipasi kekurangan air.

Berdasarkan perkiraan BMKG bahwa dalam beberapa bulan ke depan, beberapa kota di Sumbar akan mengalami musim kemarau yang cukup panjang. Beberapa sungai di Kota Padang juga sudah mengalami pendangkalan dan debit air berkurang.

"Biasakan matikan kran saat tidak digunakan, pakailah air sesuai kebutuhan" ujar Hendra.

Beberapa hari terakhir, sudah tidak turun hujan di Kota Padang. Ketika terjadi hujan pun tidak terlalu deras dan durasi yang pendek.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement