Sabtu 03 Jun 2023 16:33 WIB

Lenggak-lenggok Kebaya Menari di Museum Kebangkitan Nasional

Kegiatan ini diinisiasi oleh komunitas Kebaya Menari. .

Rep: Thoudy Badai/ Red: Yogi Ardhi

Penari saat tampil dalam gelaran Kebaya Menari di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Penari bersiap tampil dalam gelaran Kebaya Menari di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). Kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas Kebaya Menari tersebut melibatkan sebanyak 100 penari di Jakarta dengan mengusung tema Gumati Nuswapada yang artinya mencintai nusantara. Pagelaran tersebut merupakan upaya komunitas kebaya menari untuk mewujudkan adanya Hari Kebaya Nasional serta mendapatkan pengakuan dari Unesco sebagai Warisan Budaya Tak Benda. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas Kebaya Menari tersebut melibatkan sebanyak 100 penari di Jakarta. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Penari usai tampil dalam gelaran Kebaya Menari di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas Kebaya Menari tersebut melibatkan sebanyak 100 penari di Jakarta. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Penari saat tampil dalam gelaran Kebaya Menari di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Sabtu (3/6/2023). Kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas Kebaya Menari tersebut melibatkan sebanyak 100 penari di Jakarta dengan mengusung tema Gumati Nuswapada yang artinya mencintai nusantara. Pagelaran tersebut merupakan upaya komunitas kebaya menari untuk mewujudkan adanya Hari Kebaya Nasional serta mendapatkan pengakuan dari Unesco sebagai Warisan Budaya Tak Benda. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Pagelaran ini mengusung tema Gumati Nuswapada yang artinya mencintai nusantara. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

Pagelaran menjadi upaya untuk mewujudkan adanya Hari Kebaya Nasional serta mendapatkan pengakuan dari Unesco Intangible Heritage. (FOTO : Republika/Thoudy Badai)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelaran seni bertajuk "Kebaya Menari" diadakan di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta pada Sabtu (3/6/2023). Acara ini merupakan inisiatif dari komunitas Kebaya Menari yang melibatkan sekitar 100 penari di Jakarta dengan mengusung tema "Gumati Nuswapada" yang mengandung makna mencintai nusantara.

Gelaran ini menjadi sarana bagi komunitas Kebaya Menari untuk mengupayakan pengakuan Hari Kebaya Nasional dan pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Mereka berharap agar keindahan dan makna dalam tarian kebaya dapat diapresiasi dan dilestarikan sebagai bagian penting dari warisan budaya Indonesia.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement