Jumat 02 Jun 2023 17:00 WIB

Fix You dan Sayap-Sayap Imajinasi

Mereka dibukakan ruang imajinasi yang tinggi bahwa batas prestasinya ialah langit.

Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 berselebrasi bersama suporter usai menundukkan Thailand pada pertandingan final SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Indonesia berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Thailand 5-2.
Foto:

Tidak cukup sampai di sini, kita masih dikejutkan dengan rencana kedatangan timnas Argentina (yang juara dunia, lengkap dengan Messi) yang akan bertanding dengan timnas pertengahan Juni nanti. Perkara ini, jawabannya memang karena ET.  

Sebagaimana dibeberkan sendiri oleh Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA), Claudio Fabian Tapia, soal kesediaan Tim Tango menerima tawaran tantangan Indonesia. 

"Saya jelaskan, Argentina bisa bermain dengan Indonesia karena Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ia orang terpandang di Argentina dan pernah menjadi pemilik klub besar di Eropa, Inter Milan."

Belum lama ini bahkan para pemain muda kita bertemu Roberto Carlos, Eric Abidal, Juan Veron, dan Marco Materazzi. Saya kira tidak ada satu pun orang Indonesia yang punya imajinasi (terliar sekalipun) bahwa serangkaian hal tersebut akan terjadi dalam sekejap. 

Jadi, perkara mental dan pikiran itulah yang ditotok pertama kali oleh Erick. Mereka dibukakan ruang imajinasi yang tinggi bahwa batas prestasinya ialah langit. Einstein pernah berucap: "Knowledge is limited. Imagination encircles the world." 

Pemain kelas dunia bukan fatamorgana, tapi bisa dijangkau dan bertanding dengan mereka dalam posisi setara. Bagi para pemain tersebut, ET menjelma menjadi "The Wings of Imagination". Ia telah berhasil membuat nusantara demam bola kembali. 

Di atas semua itu, ET sadar yang dibutuhkan adalah pembaruan sistem. Itu sebabnya yang ia gedor sebagai prioritas utama adalah melenyapkan praktik suap. 

Setelah itu membongkar sistem liga, mengaransemen jejaring global,  mengonstruksi metode pelatihan, memberdayakan supporter, dan seterusnya. Jose Maurinho pun tahu ini, percaya, dan mengatakan "we know direction you are going."

Sesungguhnya, Fix You dan sayap-sayap imajinasi ini juga dilakukan ET di BUMN, bahkan bisa juga dalam konteks bangsa dan negara secara lebih luas. Hati-hati, ET tengah menggiring bola mendekati gawang lawan! 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement