Rabu 24 May 2023 06:52 WIB

Saling Sindir Albert Einstein dan Charlie Chaplin

Albert Einstein menginspirasi dunia dengan sains, sedangkan Chaplin dengan komedi.

Albert Einstein
Foto: ist
Albert Einstein

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dua orang di atas merupakan legenda dunia. Einstein masyhur dengan teori relativitasnya. Pria kelahiran 14 Maret 1879 itu dikenal sebagai  satu dari sedikit orang paling jenius yang pernah ada. 

Dia wafat pada 18 April 1955. Dia sudah 68 tahun lalu meninggalkan dunia ini. Namun, Meskipun telah meninggal, teori relativitas Eintein juga masih menjadi inspirasi ilmuwan lain untuk melekukan penelitian baru. Pada tahun 2013, peneliti memanfaatkan teori ini untuk menemukan planet asing yang mengelilingi sebuah bintang.

Baca Juga

Sementara itu, Charlie Chaplin dikenal sebagai comedian. Lahir pada 1889, Chaplin tumbuh menjadi figure yang menginspirasi dunia hiburan. Dia wafat 12 tahun setelah Einstein meninggal dunia.

Suatu ketika mereka bertemu. Inilah masing-masing untaian kata yang inspiratif.

Einstein: Yang saya kagumi dari seni acting Anda (Chaplin) adalah universalitas. Anda tidak berbicara, tapi dunia memahami pesan Anda.

Chaplin: Itu benar, tapi ketenaran Anda (Einstein) itu lebih hebat lagi. Dunia mengagumi Anda, di saat taka da orang yang mengerti Anda.

Kehebatan Einstein

Ketenaran Einstein disebabkan karena pengembangan teori relativitas. 

Teori relativitas digaungkan pertama kali 103 tahun lalu, tepatnya pada 1916. Kemudian menjadi gagasan yang paling revolusioner dalam sejarah dan menjadi lompatan besar atas hukum gravitasi yang sebelumnya digagas oleh Sir Isaac Newton pada 1687.

Einstein percaya bahwa ruang dan waktu tidaklah ajeg, melainkan merupakan fenomena yang fleksibel, relatif, dan dinamis seperti proses alam semesta lainnya.

Selain itu , tetapi ia juga membuat konstribusi penting terhadap pengembangan teori mekanika kuantum. Relativitas dan mekanika kuantum adalah dua pilar fisika modern. Karya-karyanya juga dikenal karena berpengaruh terhadap filsafat ilmu.

Prestasi Chaplin

Lihat halaman berikutnya >>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement