Selasa 23 May 2023 21:02 WIB

Usianya Kini Enam Tahun, Macan Tutul Wahyu Dilepasliarkan di Gunung Halimun Salak

Macan tutul yang dinamai Wahyu dievakuasi dari Kab Cianjur saat berusia 10 bulan.

Seekor macan tutul Jawa (Panthera pardus melas) berada di dalam kandang seusai terjebak di dalam area peternakan pembibitan ayam di Desa Sukajaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (3/4/2020). Macan tutul merupakan satwa endemik Pulau Jawa dan termasuk salah satu satwa dilindungi dengan status terancam punah.
Foto:

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indra Exploitasia Semiawan menyampaikan bahwa populasi macan tutul jawa diperkirakan antara 200 sampai 400 ekor. Pihaknya sedang memperbarui data populasi macan jawa saat ini.

"Jadi, kita menghitungnya bukan dari sisi sensusnya, bukan satu per satu macan jawa dihitung, tapi dilihat dari kerapatan populasi," kata Indra.

Pelepasliaran macan tutul Wahyu di Gunung Halimun Salak dilaksanakan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kehutanan, serta Balai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Kegiatan itu juga didukung oleh Yayasan Cikananga Konservasi Terpadu, Yayasan Sintas Indonesia, Forum Konservasi Macan Tutul Jawa, Fansfornature, Orang Utan Help, Wanicare, Gembira Loka Zoo, Yayasan Bakti Barito, dan Star Energy Geothermal Salak Ltd.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement