Selasa 23 May 2023 13:33 WIB

Jokowi dan Presiden Ebrahim Raisi Sepakat Dukung Perjuangan Palestina

Jokowi-Raisi juga sepakat mengatasi krisis kemanusiaan yang terjadi di Afghanistan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Presiden Jokowi dan Presiden Republik Islam Iran Seyed Ebrahim Raisi bersama-sama menanam pohon kayu ulin di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/5).
Foto: Republika/N Dessy Suciati Saputr
Presiden Jokowi dan Presiden Republik Islam Iran Seyed Ebrahim Raisi bersama-sama menanam pohon kayu ulin di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Republik Islam Iran Seyed Ebrahim Raisi sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina. Hal ini disampaikan Jokowi dalam pernyataan pers bersama usai melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/5/2023).

Selain itu, kedua pemimpin negara juga sepakat untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang terjadi di Afghanistan.

Baca Juga

"Kami sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis kemanusiaan di Afganistan," kata Jokowi.

Dukungan kedua pemimpin negara tersebut dilakukan dengan terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afganistan dan terus memberikan bantuan kemanusiaan.

Selain itu, kedua pemimpin negara juga membahas kerja sama bilateral. Di antaranya terkait kesehatan, pilot project untuk telerobotic surgery, pilot project untuk telemedicine, dan kolaborasi alat telemedicine di 11 puskesmas yang telah berjalan.

"Saya juga tadi menyampaikan terkait alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia dan kerja sama bioteknologi dan nano teknologi untuk kesehatan, energi pertanian dan lingkungan," ujarnya.

Sedangkan terkait teknologi sinyal perkeretaapian, Jokowi berharap adanya kerja sama riset bersama, serta alih teknologi dan assembly. Terkait bidang ekonomi, kedua negara telah menandatangani preferencial trade agreement (PTA).

"Semoga dapat makin meningkatkan perdagangan Indonesia dan Iran. Saya dan Presiden Raisi juga menjajaki pembentukan kesepakatan B to B kemudian investasi pembangunan Ibu Kota Nusantara dan solusi untuk investasi sektor migas," jelasnya.

Selain itu, dalam pertemuan ini Jokowi dan Ebrahim Raisi juga membahas mengenai situasi geopolitik dunia dan penguatan kerja sama bilateral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement