Senin 22 May 2023 13:37 WIB

Nyaleg di Dapil Pantura, Wagub Jabar: Al Zaytun Siap Bantu Menangkan Pileg

Wagub Jabar sebut Ponpes Al Zaytun siap membantu dirinya untuk memenangkan Pileg 2024

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum. Wagub Jabar sebut Ponpes Al Zaytun siap membantu dirinya untuk memenangkan Pileg 2024
Foto: Dok. Republika
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum. Wagub Jabar sebut Ponpes Al Zaytun siap membantu dirinya untuk memenangkan Pileg 2024

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengaku dapat dukungan dari Pondok Pesantren Al-Zaytun untuk Pileg DPR RI Dapil Jabar VIII pada 2024. Uu mengatakan, sudah datang langsung ke Ponpes Al-Zaytun. 

Menurut Uu, setelah dicalonkan oleh PPP untuk maju di Pileg 2024 Dapil Jabar VIII koordinasi dengan akar rumput terus dilakukan, termasuk menemui langsung Ponpes Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu. Sebab, Dapil VIII meliput Kabupaten dan Kota Cirebon, termasuk Kabupaten Indramayu. 

Baca Juga

"Makanya kami sekarang sudah bergerak termasuk kemarin saya ke Al-Zaytun. Alhamdulillah Al-Zaytun siap membantu kami dalam Perpilegan," ujar Uu yang juga politisi dari PPP ini saat ditemui di Gedung Sate, Senin (22/5/2023).

Meski mendapatkan dukungan dari Ponpes Al-Zaytun untuk Pileg 2024, menurut Uu, ponpes yang dipimpin oleh Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang ini mendorong Uu agar tetap maju dalam Pilgub Jabar 2024.

"Cuma, Al-Zaytun sedikit melarang saya menjadi caleg, sudah saja menjadi cagub nanti yang akan datang," katanya. 

Uu menjelaskan, alasan partainya mendorong untuk maju menjadi Caleg DPR RI Dapil Jabar VIII untuk meraih kursi di wilayah Pantura. Karena, saat ini PPP belum mendapatkan perolehan kursi di wilayah tersebut. 

"Memang diakui daerah tersebut (anggota) DPR RI ngga ada, DPRD Provinsi juga ngga ada, DPRD Kabupaten Cirebon pun tidak ada," katanya. 

Uu mengaku heran, PPP tidak mendapatkan raihan kursi yang maksimal di wilayah Pantura. Menurutnya, dengan kultur Nahdatul Ulama yang kuat, seharusnya PPP dapat raihan kursi dari wilayah Pantai Utara Jabar itu. Sebab, partainya sangat dekat dengan NU. 

"Saya juga heran, padahal disitu basis Nahdlatul Ulama (NU). Sedangkan, PPP ini berasal dari salah satu orang masyarakat (ormas) Islam terbesar yang dirikan oleh para ulama yang tergabung dalam NU, di samping ada ormas-ormas Islam lainnya," paparnya.

Uu memastikan, pada Pileg 2024 dirinya akan lebih maksimal dan akan berusaha untuk memperoleh kursi DPR RI di wilayah Pantura. "Mudah-mudahan dengan sekuat tenaga, saya bisa berhasil di wilayah tersebut, bisa mengangkat PPP di Jawa Barat khususnya di Dapil Jawa Barat VIII," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement