Ahad 21 May 2023 14:31 WIB

Peran Informatika di Balik Suksesnya SEA Games 2023

Ketua Prodi Informatika UNM jelaskan peran Informatika di balik SEA Games 2023.

Program studi (prodi) Informatika memiliki peran penting dalam mengembangkan solusi teknologi yang relevan dan inovatif untuk memastikan kesuksesan penyelenggaraan SEA Games 2023.
Foto: Dok. UNM
Program studi (prodi) Informatika memiliki peran penting dalam mengembangkan solusi teknologi yang relevan dan inovatif untuk memastikan kesuksesan penyelenggaraan SEA Games 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SEA Games 2023 merupakan ajang olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara yang diadakan setiap dua tahun sekali. Dalam penyelenggaraan SEA Games, teknologi informasi dan komunikasi memainkan peran yang krusial dalam mendukung berbagai aspek, di antaranya manajemen acara, keamanan, pengalaman penonton dan pelaporan hasil pertandingan.  

Program studi (prodi) Informatika memiliki peran penting dalam mengembangkan solusi teknologi yang relevan dan inovatif untuk memastikan kesuksesan penyelenggaraan SEA Games 2023. Arfhan Prasetyo selaku Ketua Prodi Informatika Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyampaikan beberapa aspek prodi Informatika dalam berkontribusi, yakni dapat mengembangkan sistem manajemen acara yang efisien dan terintegrasi, manajemen tiket dan registrasi atlet, pengelolaan jadwal pertandingan serta penugasan wasit dan juri.

Baca Juga

“Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir terjadinya kecurangan yang mengakibatkan kerugian dari kontingen masing-masing negara peserta SEA Games,” katanya dalam rilis yang diterima, Ahad (21/5/2023). 

Prodi Informatika, terangnya dapat berperan dalam pengembangan aplikasi mobile dan platform digital untuk melaporkan hasil pertandingan secara real-time kepada penonton dan media. “Aplikasi ini harus mampu menyajikan informasi yang akurat dan cepat sehingga penonton dapat mengikuti perkembangan SEA Games dengan mudah,” ujarnya.  

Selain itu, prodi Informatika dapat berperan dalam pengembangan sistem pengolahan data besar (big data) untuk menganalisis tren dan pola dalam pertandingan. Analisis ini dapat memberikan wawasan berharga kepada pelatih dan atlet untuk meningkatkan kinerja mereka.  

“Keamanan juga merupakan aspek penting dalam penyelenggaraan SEA Games. Prodi Informatika dapat membantu dalam pengembangan sistem keamanan yang canggih, seperti penggunaan teknologi biometrik untuk verifikasi identitas atlet dan staf, serta pemantauan CCTV yang terintegrasi untuk mengawasi keamanan di berbagai lokasi acara,” paparnya.  

Prodi Informatika secara keseluruhan, imbuhnya, memiliki peran penting dalam menyokong suksesnya SEA Games 2023 melalui pengembangan solusi teknologi yang inovatif. “Kolaborasi antara prodi Informatika dan panitia penyelenggara SEA Games dapat menghasilkan sistem yang efisien, akurat, dan meningkatkan pengalaman semua pihak yang terlibat dalam acara ini,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement