Rabu 17 May 2023 16:32 WIB

5 Prospek Kerja Paling Diminati Jurusan Sistem Informasi

Lulusan sistem informasi dapat bekerja sebagai System Analyst

Pemilihan jurusan saat kuliah sangat penting dalam menunjang karir kedepannya, salah satu pilihan jurusan yang tepat adalah jurusan Sistem Informasi
Foto: dok Universitas BSI
Pemilihan jurusan saat kuliah sangat penting dalam menunjang karir kedepannya, salah satu pilihan jurusan yang tepat adalah jurusan Sistem Informasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Era serba digital ini tentunya banyak tuntutan kecepatan penggunaan teknologi paling diunggulkan. Oleh sebab, itu pemilihan jurusan saat kuliah sangat penting dalam menunjang karir kedepannya, salah satu pilihan jurusan yang tepat adalah jurusan Sistem Informasi. Nah, ini adalah beberapa prospek kerja yang paling diminati apabila kamu memilih jurusan ini.

1. System Analyst

Lulusan sistem informasi dapat bekerja sebagai System Analyst, yang bertanggung jawab mengadaptasi suatu sistem atau produk untuk dikembangkan menjadi sistem yang lebih baik. System Analyst banyak dibutuhkan diberbagai perusahaan maupun organisasi seperti perusahaan Otomotif, Keuangan bahkan layanan public.

2. Junior Programmer

Ada beberapa tingkatan seorang programmer seperti junior programmer, middle programmer dan senior programmer, biasanya masing-masing tingkatan memiliki tanggung jawab yang berbeda, salah satunya junior programmer biasanya dilihat dari pengalamannya masih dibawah 3 tahun atau fresh graduate. Tentunya level ini cocok untuk kalian yang baru memulai fokus dibidang ini.

3. Database Administrator

Pekerjaaan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang mempunyai sistem terintegrasi, tanggung jawab seorang Database Administrator adalah mengatur sebuah database dalam sistem agar berjalan dengan baik.

4. Software Developer

Seorang lulusan Sistem Informasi juga memungkinkan berkarir sebagai Sofware Developer. Tanggung jawabnya meliputi pembuatan, pengembangan dan pengujian aplikasi mobile maupun computer.

5. Network Administrator

Seorang lulusan Sistem Informasi bisa juga berkarier dibidang Network Administrator. Seorang yang bekerja dibidang ini biasanya bertanggung jawab merancang dan mengelola infrastruktur jaringan pada perusahaan.

Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo, Supriyanta mengatakan bahwa sebelum menjadi lulusan dari Sistem Informasi, ada banyak hal yang perlu dipelajari untuk menunjang karier kedepannya.

“Setiap calon mahasiswa bisa memulai dengan membaca seputar perkembangan teknologi dari sumber-sumber terpercaya dan beberapa hal terkait jurusan yang akan diambil, salah satunya membaca tentang prospek kerja jurusan,” tandas Supriyanta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement