Senin 15 May 2023 15:04 WIB

PT Jakpro: Penyelenggaraan Formula E 2023 tak Pakai APBD DKI

Lyodra, Ari Lasso, Slank, Dj Sergio, dan Alan Walker tampil di Jakarta E-Prix 2023.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Pebalap Jaguar TCS Mitch Evans dari Selandia Baru saat awal balapan mobil Formula E Jakarta E-Prix di Sirkuit Ancol, Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022)
Foto: AP/Dita Alangkara
Pebalap Jaguar TCS Mitch Evans dari Selandia Baru saat awal balapan mobil Formula E Jakarta E-Prix di Sirkuit Ancol, Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan, ajang Jakarta E-Prix atau Formula E 2023 telah mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Meski begitu, perlombaan balapan mobil listrik yang memasuki tahun kedua di Jakarta, sama sekali tidak menggunakan APBD DKI 2023.

"Jakarta E-Prix 2023 akan segera dimulai pada 3-4 Juni mendatang. Penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2023 ini dapat dipastikan tidak menggunakan APBD DKI Jakarta. Sejak awal, dukungan itu berupa kerja sama bussines to bussines (B2B)," kata Vice President Corporate Secretary Jakpro, Syachrial Syarif dalam siaran pers di Jakarta pada Senin (15/5/2023).

Dia menjelaskan, perhelatan balapan mobil listrik tersebut membawa nama Jakarta dan Indonesia di mata dua. Syachrial menyebut, jika event berlangsung sukses maka adalah kesuksesan Jakarta untuk Indonesia.

Syachrial sangat berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, baik secara materi maupun moral. "Mulai dari pemerintah pusat, daerah, serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dukungan dari BUMN maupun BUMD diberikan dalam bentuk kerjasama B2B," ujarnya.

Menurut Syachrial, Jakarta E-Prix 2023 di Sirkuit Ancol pada 3-4 Juni mendatang, merupakan hajat bangsa Indonesia. Karena itu, ia berharap, perhelatan internasional tersebut bisa sukses. Dia juga menyebut, persiapan Jakarta E-Prix 2023 sudah hampir 100 persen.

Dia pun mengajak masyarakat yang menggemari otomotif untuk menonton langsung. "Jakarta E-Prix 2023 pasti akan menghadirkan pengalaman sirkuit bagi segenap penonton dengan dilengkapi kemegahan giant LED screen watch," kata Syachrial.

Tidak hanya itu, kata dia, para pembeli tiket dari berbagai kategori juga dapat menikmati pertunjukan musik secara langsung, serta mencicipi berbagai makanan di public food and beverage. Karena itu, fasilitas yang ditawarkan sebanding dengan harga tiket yang dijual panitia.

"Akan ada sederet artis papan atas Indonesia dan mancanegara yang akan mewarnai gelaran Jakarta E-Prix 2023, yaitu Lyodra, Ari Lasso, Lea Simanjuntak, Slank, Dj Sergio, dan Alan Walker," kata Syachrial.

Sebelumnya,Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono mengatakan, Pemprov DKI tidak mengeluarkan biaya apapun untuk penyelenggaraan Formula E Jakarta 2023. Dia pun tidak akan ikut campur dengan acara tersebut.

"Ya itu sebenarnya sudah programnya BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan skema business to business (B2B). Jadi, pemerintah daerah tidak terlibat sama sekali," kata Joko di Balai Kota, Jakarta Pusat pada Kamis (11/5/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement