Jumat 12 May 2023 16:14 WIB

PAN Daftarkan Total 580 Caleg DPR, Banyak yang Berprofesi Artis

Pasha Ungu, Uya Kuya, Verrell Bramasta, dan Lula Kamal jadi caleg PAN untuk DPR.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikan keterangan pers usai menyerahkan daftar bakal caleg partainya di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (12/5/2023).
Foto: Republika/Febryan A
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikan keterangan pers usai menyerahkan daftar bakal caleg partainya di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (12/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) mendaftarkan 580 bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023). PAN mengusung caleg dari berbagai latar belakang, mulai dari purnawirawan hingga artis, demi mencapai target memperoleh 100 kursi anggota dewan.

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, partainya mendaftarkan 580 bakal caleg untuk bertarung di 84 daerah pemilihan (dapil). Artinya, PAN memanfaatkan 100 persen kuota caleg DPR RI. Jumlah caleg perempuan diklaim lebih dari 30 persen.

Zulhas menyebut, 580 bakal caleg PAN itu berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan alim ulama, artis, purnawirawan TNI-Polri, buruh, petani, dan juga eks kader partai lain. Khusus purnawirawan, jumlahnya sekitar 60 orang.

Sedangkan caleg dari kalangan artis, lanjut dia, diisi sejumlah petahana maupun nama baru. Sosok petahana atau sedang menjabat sebagai anggota DPR Fraksi PAN DPR ada Eko Patrio, Desy Ratnasari, dan Primus Yustisio. Nama baru ada Pasha Ungu, Uya Kuya, Verrell Bramasta, dan Lula Kamal.

Adapun Zulhas tidak ikut didaftarkan sebagai caleg untuk memperebutkan kursi di Senayan. "Nama saya belum ada di daftar caleg DPR RI. Kalau diperlukan, baru saya turun," kata Zulhas saat konferensi pers usai menyerahkan daftar bakal caleg PAN.

Meski dirinya belum dipastikan maju sebagai caleg, Zulhas menyatakan, PAN menargetkan bisa meraih 100 kursi DPR RI pada Pemilu 2024. "PAN menyatakan telah siap lahir batin sepenuh jiwa raga untuk ikut kontestasi pada 2024 mendatang," ujarnya. Adapun pada Pemilu 2019, PAN hanya meraih 44 kursi.

Para caleg dan kader PAN, lanjut Zulhas, sudah siap lahir batin berkompetisi dengan caleg partai lain dalam rangka amar makruf nahi mungkar atau berlomba-lomba berbuat baik untuk Tanah Air tercinta. "Untuk apa, agar kader-kader PAN mampu meningkatkan suaranya di kabupaten/kota, provinsi, dan pusat dalam rangka bantu rakyat," ujarnya.

Zulhas menambahkan, pada saat bersamaan dengan dirinya mendaftarkan caleg DPR RI ke Kantor KPU RI, pengurus PAN di tingkat provinsi dan kabupaten/kota juta mendaftarkan bakal caleg DPRD. Untuk DPRD provinsi, PAN mendaftarkan 2.372 orang untuk bertarung di 301 dapil.

Sedangkan untuk DPRD kabupaten/kota, PAN mendaftarkan 17.512 orang untuk berebut kursi di 2.325 dapil. Baik untuk DPRD provinsi maupun kabupaten/kota, Zulhas mengklaim mengajukan caleg 100 persen kuota tersedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement