Senin 08 May 2023 14:20 WIB

Digitalisasi Bisa Tingkatkan Daya Saing UMKM pada Era Modern

Kunci sukses digitalisasi UMKM dibahas di talkshow yang digelar KAFEB UNS.

Pembahasan soal digitalisasi UMKM menjadi bahasan dalam talkshow bertajuk
Foto: KAFEB UNS
Pembahasan soal digitalisasi UMKM menjadi bahasan dalam talkshow bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Digitalisasi bisa meningkatkan daya saing UMKM pada era modern. Pemilihan platfom online yang tepat, konten yang menarik dan relevan, penggunaan media sosial yang efektif, serta penggunaan teknologi yang tepat menjadi kunci sukses digitalisasi UMKM.

Pembahasan soal digitalisasi UMKM menjadi bahasan dalam talkshow bertajuk "From Local to Global: Pelajari Rahasia Sukses Digitalisasi UMKM bersama KAFEB UNS", yang digelar Keluarga Alumni FEB - Universitas Sebelas Maret (KAFEB UNS) di Jakarta, Sabtu (6/5/2023). Acara talkshow yang dihadiri lebih dari 1.000 orang ini bertujuan untuk memberikan informasi dan wawasan tentang pentingnya digitalisasi sebagai enabler dalam memulai dan mengembangkan UMKM agar lebih cepat mencapai skala ekonomi yang menguntungkan.

Novita Dewi, direktur utama Jakarta Experience On Board yang juga menjadi salah satu pembicara dalam talkshow tersebut mengatakan, diharapkan alumni akan mendapatkan pandangan dan pengalaman dari para pembicara ahli di bidang digitalisasi dan pengembangan UMKM, yaitu Direktur Utama Jakarta Experience Board (Novita Dewi), Founder of Batik Riana (Riana Kusuma), dan Head of Social Entrepreneurship & Incubation Division Bank BRI (Dani Wildan). "Selain sebagai platform untuk sharing, diharapkan Talkshow ini juga dapat menjadi wadah untuk para alumni FEB, yang hadir lebih khusus peserta UMKM untuk dapat melakukan networking dan mengembangkan bisnis UMKM mereka," ujar Novita.

Talkshow ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang sangat interaktif dan antusias dari para peserta. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk memamerkan produk atau jasa mereka melalui booth pameran yang disediakan.

"Tentunya saya berharap, antusiasme peserta untuk ikut berpartisipasi aktif dalam program - program KAFEB UNS yang mendukung pertumbuhan UMKM dapat terus berjalan dengan baik," kata salah satu narasumber yang juga lulusan FEB UNS, Riana Kusuma.

Sementara itu, Dani Wildan, Head of Social Entrepreneurship & Incubation Division Bank BRI menambahkan bahwa Pemerintah melalui BUMN, mendorong ekosistem ekonomi digital salah satunya adalah pendampingan dan pembiayaan UMKM untuk mampu bersaing secara global.

"BRI juga menyediakan fasilitas-fasilitas untuk mendukung pendampingan UMKM, sehingga mereka bisa naik kelas dan kita ketahui bahwa multiplier effect dari UMKM ini akan membawa dampak pertumbuhan ekonomi yang luar biasa," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement