Senin 08 May 2023 09:15 WIB

Dorong Ekonomi Rakyat, Sleman Terus Kembangkan Potensi Kambing Lokal

Pemkab menggelar kontes kambing ras Kaligesing dan domba lokal Sleman.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Peternak memberikan pakan kambing perah di Peternakan Kambing Perah KPP Pangestu, Kemirikebo, Sleman, DI Yogyakarta (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Peternak memberikan pakan kambing perah di Peternakan Kambing Perah KPP Pangestu, Kemirikebo, Sleman, DI Yogyakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan menggelar kontes kambing ras Kaligesing dan domba lokal di Mini Zoo Jogja Exotarium, Mlat. Kegiatan ini bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-107 Kabupaten Sleman pada 15 Mei nanti.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengapresiasi serta mendukung diadakannya kontes ini. Kompetisi ini diharapkan menjadi wadah berbagi pengalaman serta ilmu bagi para petani dan peternak untuk mengembangkan potensi kambing ras Kaligesing dan Domba lokal, terutama para generasi muda.

"Saya harap kontes ini dapat membawa dampak positif kepada masyarakat Sleman, baik dalam meningkatkan pariwisata ataupun perekonomian," ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono. Ia juga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan event ini terdiri dari dua macam kontes, yakni kambing PE ras Kaligesing dan domba lokal. Pihaknya bekerja sama dengan Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional (PERKANAS) untuk kontes kambing ras Kaligesing.

Sedangkan untuk kontes domba lokal bekerja sama dengan Perserikatan Peternak Kambing Domba Yogyakarta  (PPKDY). "Untuk kontes domba lokal ini tingkatnya nasional. Sedangkan untuk kontes kontes kambin ras Kaligesing regional Jawa, Bali, Sumatra. Masing-masing kontes diikuti 250 peserta," ujarnya.

Ia menjelaskan acara tersebut baru pertama kali dilakukan Pemkab Sleman. Pihaknya berencana akan menggelar acara serupa secara rutin setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement