Ahad 07 May 2023 18:44 WIB

Elektabilitas Tinggi, Erick Thohir Penguat Keterpilihan Capres dari Parpol

Erick Thohir menjadi figur yang paling pas diusung sebagai cawapres.

Menteri BUMN Erick Thohir berswafoto dengan para peserta Harlah dan Rakernas PB Al-Khairiyah di Gedung MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5/2023).
Foto: Dok Rep
Menteri BUMN Erick Thohir berswafoto dengan para peserta Harlah dan Rakernas PB Al-Khairiyah di Gedung MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sejumlah survei dan poling menunjukkan Menteri BUMN Erick Thohir memiliki elektabilitas yang tinggi. Polling Indonesia Lawyer Club (ILC) misalkan, menunjukkan Ketua Umum PSSI ini meraih 33 persen suara.

Survei nasional Indomatrik menunjukkan nama Erick Thohir sebagai kandidat cawapres terkuat dengan elektabilitas 16,5 persen. Erick menjadi kandidat dari kalangan religius dan teknokrat yang dinilai menjadi klaster cawapres yang paling diminati publik.

Baca Juga

Capaian elektabilitas Erick Thohir konsisten tunjukkan peningkatan signifikan. Hal tersebut terekam dalam temuan survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada priode 11-17 April 2023. Tren elektabilitas Erick Thohir konsisten alami kenaikan pesat mulai dari bulan Februari 17,5 persen serta Maret sebesar 11,3 persen. Kemudian melesat pada April menjadi 17,3 persen.

Erick Thohir dinilai menjadi figur  yang layak dampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden (cawapres). Daya elektoral kuat Erick Thohir menambah modal bertarung pada Pilpres 2024.

"Ya tentu bisa saling mengisi jika nanti kelak dipasangkan dengan figur capres yang berasal dari partai," tutur Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi di Jakarta pada Ahad (7/5/2023). 

Erick Thohir menjadi figur yang paling pas diusung sebagai cawapres mendampingi calon presiden berasal dari kalangan kader parpol kuat. Misalnya saja seperti Prabowo Subianto.

Dia berpandangan Erick THohir dapat menjadi pelengkap dan pelambung elektabilitas, karenanya berduet dengan Prabowo bakal menciptakan kekuatan politik besar. Kehadiran Erick Thohir banyak mendapat berkah elektoral di Pilpres mendatang.

Kondisi demikian semakin dikuatkan dengan latar belakang Eks Presiden Inter Milan ini yang bukan kader partai politik. Menjadikannya sosok tepat dampingi Menteri Pertahanan tersebut.

"Sementara beliau (Erick Thohir) dari kalangan profesional ini bisa saja saling melengkapi saling mengisi," ucap Ade.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement