Jumat 05 May 2023 06:00 WIB

Dirjen Bina Pemdes Ingin Desa Purwodadi Jadi Model Percontohan bagi Desa-desa

Desa Purwodadi bisa dijadikan contoh dari 23.045 desa yang ada di Sumatra.

Rep: rilis Depdagri/ Red: Muhammad Subarkah
Suasana peternakan sapi di desa Purwodadi, kabupaten Tanjung Jabung.
Foto: Pemdes Depfagri.
Suasana peternakan sapi di desa Purwodadi, kabupaten Tanjung Jabung.

REPUBLIKA.CO.ID, Tanjab Barat -- Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengharapkan Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, menjadi role model (model percontohan) bagi ribuan desa di regional Sumatera. Desa Purwodadi menjadi juara satu di tingkat regional Sumatera pada 2022 setelah mengalahkan puluhan ribu desa.

Eko mengungkapkan keinginannya tersebut saat melakukan monitoring dan evaluasi pasca lomba desa di Desa Purwodadi, Kamis (4/5/2023). Dalam sambutannya, Eko menyatakan,  untuk menjadi desa juara pada lomba desa tingkat regional Sumatera tidak mudah. Terdapat puluhan ribu desa yang harus dikalahkan oleh Desa Purwodadi hingga bisa dinobatkan sebagai juara satu di regional Sumatera. 

"Dalam pelaksanaan lomba desa ini, Desa Purwodadi berhasil menjadi juara satu tingkat regional Sumatera, dengan mengalahkan ribuan desa, dari tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga tingkat regional Sumatera, perlu kita syukuri atas pencapaian yang telah diraih oleh Pak Kades," ungkap Eko. 

Eko meminta Kepala Desa Purwodadi Jayus untuk tidak berpuas diri,  tetapi sebaliknya terus meningkatkan inovasi dan prestasi demi menyejahterakan rakyatnya. 

"Saya harapkan tidak berpuas diri, terus berbenah dan meningkatkan kinerja untuk masyarakat. Hal-hal yang perlu ditingkatkan seperti produk hukum tematik, di sini sudah ada barusan dikukuhkan desa pencak silat. Tidak semua dimiliki desa lain. Selanjutnya, kepala desa bisa lebih memanfaatkan digitalisasi desa sebagai upaya untuk  kemajuan desa," papar Eko.

Eko menambahkan, perlunya sinergi guna meningkatkan berbagai program termasuk bagaimana meningkatkan kapasitas desa juara untuk dijadikan model percontohan di regional Sumatera. Saat ini, ada 23.045 desa di Regional Sumatera. 

"Ke depan perlu kita tingkatkan dan galakan program sehingga bisa menjadikan desa maju, mandiri, dan sejahtera," ujar Eko. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement