Jumat 05 May 2023 00:17 WIB

Stok Menipis Usai Lebaran, PMI Kota Tangerang Gencarkan Donor Darah

PMI Tangerang sebut rata-rata stok yang dijaga mencapai 1.000 kantung per hari

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
donor darah (ilustrasi). Berkurangnya pendonor saat bulan puasa, membuat situasi stok darah yang menipis pasca lebaran kerap terjadi. Untuk menjaga stok tetap stabil, PMI Kota Tangerang kini berupaya menggencarkan sederet program pelayanan donor darah.
Foto: Republika/Prayogi
donor darah (ilustrasi). Berkurangnya pendonor saat bulan puasa, membuat situasi stok darah yang menipis pasca lebaran kerap terjadi. Untuk menjaga stok tetap stabil, PMI Kota Tangerang kini berupaya menggencarkan sederet program pelayanan donor darah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Berkurangnya pendonor saat bulan puasa, membuat situasi stok darah yang menipis pasca lebaran kerap terjadi. Untuk menjaga stok tetap stabil, PMI Kota Tangerang kini berupaya menggencarkan sederet program pelayanan donor darah.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah mengungkapkan dalam pelayanan donor darah, markas PMI yang terletak di Jalan Mayjen Sutoyo 15, Kelurahan Sukasari tepatnya samping Alun-Alun Kota Tangerang dibuka 24 jam. Namun, untuk donor darah sendiri buka pukul 08.00 hingga 22.00 WIB setiap harinya tanpa libur.

“Selain itu, PMI Kota Tangerang juga memiliki layanan permohonan kerjasama penjadwalan donor darah. Seperti, berkumpul teman sekitar lima orang lebih, atau event-event besar, PMI Kota Tangerang sedia dan siap melayani. Permohonan bisa dilakukan melalui call center 021-5531310 dengan waktu pelayanan pukul 08.00 – 16.00 wib,” ujar Oman, Kamis (4/5/2023).

Kata Oman, selain komunitas, pemerintahan, instansi swasta juga banyak yang rutin melakukan kerjasama terkait donor darah ini. Seperti Lapas, Pabrik, Perbankan, hingga perusahaan-perusahaan yang tersebar di Kota Tangerang.

“Dengan itu, rata-rata stok yang dijaga ialah sekitar 1000 kantong darah dengan berbagai jenis golongan. Harus diketahui, rujukan darah PMI Kota Tangerang sudah tingkat nasional, dimana permohonan bukan sekadar wilayah Jabodetabek namun sudah hingga luar kota bahkan Kalimantan,” ujarnya.

Ia menambahkan, permohonan darah ke PMI Kota Tangerang dapat dilayani 24 jam penuh tanpa libur, dengan melakukan permohonan melalui call center di 021-5579-1008.

Lebih lanjut PMI Kota Tangerang berharap, pengetahuan masyarakat terhadap donor darah kian meningkat. Pasalnya, manfaat donor darah memang begitu banyak untuk kesehatan. Diantaranya, mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, membuat pikiran lebih stabil dan masih banyak lagi.

“Jadi tidak ada alasan untuk tidak donor darah dengan begitu banyaknya manfaat donor darah. Ingat, setetes darah anda berharga untuk mereka yang membutuhkan, dan yang pasti kita sehat mereka selamat,” kata Oman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement