Ahad 30 Apr 2023 17:21 WIB

Cuaca dan Gelombang Laut di Pelabuhan Merak Kondusif

Cuaca dan gelombang di penyeberangan Merak relatif normal.

Antrean kendaraan di Gerbang Tol Merak, Cilegon,  Banten.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Antrean kendaraan di Gerbang Tol Merak, Cilegon, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan cuaca dan gelombang laut di penyeberangan melalui Pelabuhan Merak terpantau kondusif dengan ketinggian gelombang 0,1 sampai 0,5 meter. "Kami menjamin cuaca dan gelombang penyeberangan Merak relatif aman," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG, Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tarjono saat dihubungi di Merak, Ahad (30/4/2023).

BMKG menjamin bahwa cuaca di penyeberangan kapal melalui Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, sepanjang Ahad, relatif normal. Saat ini, ujar dia, tinggi gelombang di Pelabuhan Merak berkisar antara 0,1 sampai 0,5 meter. Begitu juga arus bergerak menuju ke arah Barat Daya dengan kecepatan berkisar 0,5 - 1,5 m/s.

Baca Juga

Sedangkan arus kuat dengan kecepatan mencapai 1,2 - 2,0 m/detik menuju arah Barat Daya. Selain itu kecepatan angin dari Barat Laut dengan 1 - 8 knot atau 16 kilometer/jam.

Sementara ketinggian gelombang di Pelabuhan Ciwandan dalam rentang 0,1 sampai 0,5 meter. Arus bergerak menuju ke arah Barat Daya dengan kecepatan berkisar 0,5 - 1,5 m/s. Sedangkan arus kuat dengan kecepatan mencapai 1.5 - 1.8 m/s menuju arah Barat Daya.

Selain itu juga arah dan kecepatan angin, dari arah Barat dengan kecepatan 3 - 6 knot atau 12 kilometer/jam. Selama ini, kata dia, Pelabuhan Merak dan Ciwandan aman dan normal untuk penyeberangan. 

"Kami meyakini penyeberangan Merak-Bakauheni relatif normal dan aman," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement