Jumat 28 Apr 2023 15:40 WIB

Polres Kudus Siagakan 244 Personel untuk Pengamanan Objek Wisata

Polres Kudus mengimbau pemudik jaga keselamatan.

Ilustrasi pemudik di kudus Jawa Tengah.
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Ilustrasi pemudik di kudus Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menyiagakan 244 personel untuk pengamanan sejumlah objek wisata dalam menyambut kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2023 maupun tradisi Syawalan.

"Dalam pengamanan objek wisata tersebut, kami juga didukung tim gabungan dari TNI, Dishub, Satpol PP, dan Linmas," kata Kepala Polres Kudus Ajun Komisaris Besar PolisiDydit Dwi Susanto di Kudus, Jumat (28/4/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan ratusan personel yang disiagakan akan bertugas melakukan pengamanan di seluruh objek wisata yang biasanya menggelar tradisi Syawalan atau kupatanagar pengunjung merasa aman dan nyaman.

Tradisi Syawalan yang biasa digelar, di antaranya tradisi Lomban di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, tradisi Bulusan di Dukuh Sumber Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, dan tradisi Sendang Jodo di Desa Purworejo, Kecamatan Bae.

Selain itu, sejumlah objek wisata yang tidak ada tradisi Syawalan juga ramai dikunjungi wisatawan, yakni di Desa Rahtawu serta Waduk Logung.

"Kami tetap melakukan pengamanan dengan menempatkan sejumlah personel," ujarnya.

Tradisi Syawalan atau kupatan merupakan tradisi yang digelar sepekan setelah Idul Fitri dan biasanya masyarakat Kudus menyambut tradisi ini dengan mengunjungi berbagai tempat wisata.

Kapolres menambahkan saat terjadi pandemi COVID-19, tradisi Syawalan absen dua tahun, sedangkan tahun ini masyarakat sudah diperbolehkan mudik sehingga membuat gairah masyarakat untuk berwisata semakin meningkat.

Ia meminta masyarakat tetap hati-hati dan waspada terhadap pihak tertentu yang memanfaatkan situasi keramaianuntuk melakukan tindak kejahatan. "Kami siap melakukan antisipasi dengan meningkatkan pengamanan di semua objek wisata," ujarnya.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement