Kamis 27 Apr 2023 23:34 WIB

Targetkan Pasar Global Modena Jalin Kolaborasi dengan Manufaktur China 

Modena gandeng Sonlu-Shangling untuk kejar pasar China dan global

Perusahaan teknologi dan elektronik Modena menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sonlu-Shangling, sebuah perusahaan manufaktur asal China di fasilitas bersama mereka, pada 22 April 2023 lalu.
Foto: dok istimewa
Perusahaan teknologi dan elektronik Modena menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sonlu-Shangling, sebuah perusahaan manufaktur asal China di fasilitas bersama mereka, pada 22 April 2023 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan teknologi dan elektronik Modena menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sonlu-Shangling, sebuah perusahaan manufaktur asal China di fasilitas bersama mereka, pada 22 April 2023 lalu.

Joint venture antara dua perusahaan di bidang elektronik konsumen ini bertujuan untuk mewujudkan era baru dalam bidang home technology. Penandatanganan MoU merupakan langkah awal dalam mewujudkan visi bersama kedua perusahaan tersebut untuk masa depan teknologi rumah tangga.

Dengan berjalannya joint venture ini, Modena dan Sonlu-Shangling berkomitmen untuk mengembangkan dan memproduksi alat-alat elektronik rumah tangga high-end dengan merek Modena dan mendistribusikannya ke seluruh bagian Republik Rakyat China sebagai tujuan awal. Kemudian ke seluruh dunia sebagai tujuan jangka panjang. 

Lewat joint venture ini, Modena berencana untuk memproduksi hingga 6 juta unit produk per tahun. Hal pertama yang akan dijalankan kedua perusahaan ini adalah memperluas fasilitas bersama mereka dengan teknologi otomatis demi memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat.

Global Executive Vice President Modena Michael Jizhar menuturkan, perseroan dan SonluShangling memiliki sebuah kesamaan, yakni keduanya merupakan pemain lama dalam industri elektronik konsumen, yang mencakup berbagai vertikal bisnis dan segmentasi konsumen. "Dengan berbagi fasilitas R&D, manufaktur, dan teknologi, kami berharap dapat berkolaborasi saling memperluas pengetahuan dan mempercepat proses untuk menuju visi kami bersama yaitu berinovasi demi meningkatkan cara konsumen melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dan menciptakan kehidupan yang lebih terhubung daripada sebelumnya," ucap dia.

Dalam satu dekade terakhir, konsumen di negeri China tercatat sebagai penggerak pertumbuhan yang cukup besar dalam pasar barang mewah di tingkat global. Dengan adanya peningkatan kekayaan, pendapatan masyarakat lebih banyak dihabiskan untuk membeli barang-barang mewah atau upmarket di berbagai industri, termasuk elektronik. 

Hal ini menjadikan China sebagai salah satu pasar yang paling menjanjikan di dunia dalam hal penetrasi. Memanfaatkan kesempatan ini, MODENA dan Sonlu-Shangling akan memulai kolaborasi dengan mengembangkan produk dalam kategori cooling dan cleaning, seperti kulkas dan mesin cuci high-end sebelum merambah ke lini lainnya. 

Semua produk akan dirancang dengan inovasi terbaru untuk meningkatkan fungsionalitas dan efisiensi energi, termasuk Intelligent Inverter, Internet of Things (IoT), dan Artificial Intelligence (AI), guna mendukung komitmen kerja sama antara keduanya untuk menjadi merek terpercaya di China dalam kategori high-end home solutions.

Presiden Sonlu-Shangling Chen Quanmiao menjelaskan, setelah mengenal lebih lanjut tentang visi dan misi Modena dalam beberapa bulan terakhir, kami di Sonlu-Shangling optimis tentang usaha bersama ini. Peluang untuk merek global di pasar premium China sangat besar dan akan terus berkembang. 

Pihaknya berharap dapat terus bekerja dengan Modena untuk menyediakan peralatan rumah yang paling inovatif untuk pelanggan di seluruh China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement