Ahad 23 Apr 2023 17:07 WIB

H+1 Lebaran, Belasan Ribu Pengunjung Padati TMII

Humas memprediksi, pengunjung TMII pada Ahad dan Senin puncak keramaian.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur yang dipadati pengunjung di masa libur Lebaran 2023, Ahad (23/4/2023). Puncak jumlah pengunjung diprediksi terjadi hari ini dan besok. Republika/Alkhaledi Kurnialam
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur yang dipadati pengunjung di masa libur Lebaran 2023, Ahad (23/4/2023). Puncak jumlah pengunjung diprediksi terjadi hari ini dan besok. Republika/Alkhaledi Kurnialam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, dipadati pengunjung pada H+1 libur Lebaran atau Ahad (22/4/2023). Sekitar belasan ribu pengunjung bahkan diperkirakan datang ke lokasi wisata bertema budaya di Indonesia tersebut.

"Belasan ribu kayaknya sudah. Kalau dibanding hari biasa jauh. Hari ini pun dibanding hari pertama (Lebaran) lebih ramai hari ini. Kemarin orang masih sholat Id, masih silaturahim keluarga, nah hari ini sampai besok mungkin puncak ramainya," jelas Humas TMII,

Novera Mayang Sari saat ditemui di lokasi, Ahad.

Pantauan Republika.co.id di TMII, kepadatan telah terlihat sejak di pintu masuk Taman Mini. Antrean kendaraan masuk mengular beberapa meter dari depan pintu masuk III.

Keramian juga terlibat di dalam TMII dengan banyak pengunjung yang berkumpul di Tugu Api Pancasila. Banyak wisatawan juga yang menggelar tikar di zona hijau TMII untuk sekadar makan-makan bersama.

Mayang kemudian menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan berbagai acara untuk menyambut pengunjung. Mulai dari berbagai atraksi musik berupa lagu-lau dan tari-tarian. Ada juga pertunjukan edukasi satwa bagi anak-anak.

"Ada juga Ganara Art Space untuk anak-anak kalau mau belajar bikin kesenian, kerajinan gerabah atau painting canvas. Terus juga ada dongeng nusantara setiap hari nanti ceritanya beda-beda. Antusias anak-anak apalagi untuk dongeng kan cukup tinggi,"ujanrya.

Sebelumnya, TMII mengaku  telah merencanakan serangkaian kegiatan budaya, edukasi, dan rekreasi bagi pengunjung dari segala usia. Dengan mengangkat tema Dendang Riang Lebaran 'Uras Rindu Bertemu', TMII mempersembahkan bermacam atraksi dan pertunjukan yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Di antaranya, Dendang Lagu Anak, pertunjukan musik dan lagu, tari-tarian tradisi, Dolan Anak Indonesia, Dongeng Nusantara, Edukasi Satwa Show, Local Pop-Up Market, dan lain sebagainya. Rangkaian acara berlangsung dari tanggal 22 April-1 Mei 2023.

"Kami telah menyiapkan beragam hiburan untuk masyarakat yang tidak sempat mudik pada kesempatan lebaran tahun ini dengan menggelar perayaan bertajuk Dendang Riang Lebaran," jelas Direktur Utama PT Bhiva selaku pengelola TMII, Claudia Ingkiriwang.

Tema Dendang diadakan agar mengingatkan pengunjung kepada kampung halaman. "Pemilihan kata Dendang sengaja diambil untuk membawa kembali kenangan vintage atau masa lalu. Dendang dikaitkan dengan suatu selebrasi dan perayaan, sesuatu yang bergembira. Kami berharap dengan merayakan Lebaran bersama di TMII, dapat sedikit mengobati rindu akan kampung halaman," kata Claudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement