Jumat 21 Apr 2023 14:26 WIB

Dukung Mudik Bersama BUMN, ASDP Antarkan Pemudik Secara Gratis

Program mudik gratis ini membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan.

ASDP bersama dengam 19 BUMN lainnya turut berpartisipasi dalam program mudik gratis ini untuk membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman mereka.
Foto: Istimewa
ASDP bersama dengam 19 BUMN lainnya turut berpartisipasi dalam program mudik gratis ini untuk membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) turut mendukung program layanan Mudik Bersama BUMN 2023 yang mengusung tema "Mudik Dinanti, Mudik di Hati" dengan mengoperasikan 1 unit bus dan mengirimkan 40 pemudik tujuan Jakarta-Lampung secara gratis.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, ASDP bersama dengam 19 BUMN lainnya turut berpartisipasi dalam program mudik gratis ini untuk membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman mereka. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat membantu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan kemacetan, serta risiko kecelakaan pemudik di jalan.

“ASDP telah memberangkatkan 40 orang pemudik menuju Terminal Rajabasa Lampung via Kalianda. Harapannya penyelenggaraan mudik gratis ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat yang akan merayakan hari lebaran bersama keluarganya di daerah asal masing-masing,” ujar dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (21/4/2023). 

Rombongan mudik gratis tersebut kemarin dilepas oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, pentingnya fungsi BUMN dalam memberikan kontribusi kepada negara dan masyarakat. Ia menegaskan bahwa fungsi BUMN sebagai korporasi harus sehat sehingga dapat memberikan kontribusi kepada negara. 

“Saya menekankan fungsi BUMN tentu sebagai korporasi harus sehat sehingga bisa memberikan kontribusi kepada negara, kalau enggak sehat enggak akan punya program pro rakyat. Selain menjadi benteng ekonomi, program pro rakyat terus kita dorong, salah satunya di mudik gratis bersama BUMN,” ujarnya.

Shelvy mengimbau agar para pemudik tetap menjaga kondisi kesehatan baik selama perjalanan mudik maupun saat kembali nanti sehingga dapat memiliki pengalaman mudik yang aman dan berkesan.

ASDP tidak hanya berpartisipasi dalam program mudik gratis dengan menyediakan transportasi darat, tetapi juga bekerja sama dengan Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon dan Air Nav dalam penyediaan layanan mudik gratis menggunakan kapal feri. 

Layanan ini disediakan dengan rute dari Pelabuhan Hunimua, Maluku Tengah menuju ke Waipirit Seram Bagian Barat untuk memberikan akses mudik yang lebih mudah bagi para pejalan kaki dan penumpang angkutan umum. Sebanyak 460 pemudik yang telah terdaftar diberangkatkan melalui program mudik gratis tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement