Sabtu 22 Apr 2023 07:45 WIB

RS di Medan Siagakan Pelayanan 24 Jam Selama Lebaran

Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) akan tetap memberikan pelayanan

Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) akan tetap memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal 24 jam selama cuti bersama dan Lebaran 2023
Foto: Antara/Septianda Perdana
Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) akan tetap memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal 24 jam selama cuti bersama dan Lebaran 2023

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Rumah Sakit di Kota Medan, Sumatera Utara menyiagakan tenaga medis untuk memberikan pelayanan selama 24 jam kepada masyarakat yang hendak berobat selama cuti bersama dan Lebaran Idul Fitri 2023.

"Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) akan tetap memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal 24 jam selama cuti bersama dan Lebaran 2023," ucap Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP HAM, Rosario Dorothy Simanjuntak, di Medan, Rabu (19/4/2023).

Ia mengatakan, untuk kebutuhan pelayanan kesehatan selama libur Lebaran, rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini telah menyiagakan tenaga kesehatan, termasuk dokter umum, perawat dan tenaga penunjang lain sesuai jadwal tugas.

Disamping itu, rumah sakit ini tetap menyiapkan obat-obatan dan segala kebutuhan lainnya dalam menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan pasien selama libur panjang.

 

Sedangkan pada pelayanan semisal Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang akan disiagakan 24 jam untuk pasien, dan tetap menugaskan dokter spesialis bertugas di tempat untuk layanan penyakit dalam, anak, bedah, anastesi dan obgyn setiap hari selama libur Lebaran.

"Sedangkan dokter spesialis lain bertugas secara panggilan. Serta Instalasi Rawat Jalan (IRJ) tetap dibuka untuk beberapa poliklinik yakni Poli Bedah, Bedah Syaraf, Bedah Orthopedi, Obgyn, Penyakit Dalam, Anak, Paru, TB-MDR, Neurologi dan Psikiatri," ucapnya.

Sementara pada Poli Pusyansus dan Poli Metadon tetap melayani pasien pada pukul 08.00-12.00 WIB. Begitu juga pada layanan Haemodialisa, serta layanan One Day Care (ODC) untuk pasien kemoterapi tetap dibuka, kecuali pada hari Minggu.

Kemudian, pelayanan penunjang radioterapi juga dibuka pada tanggal 19 dan 20 April 2023 pukul 08.00-15.00 WIB. Seluruh pelayanan di RSUP HAM akan kembali normal seperti biasa pada tanggal 26 April 2023.

"Selanjutnya, untuk layanan rujukan pasien dari rumah sakit lain bisa dirujuk ke RSUP HAM melalui aplikasi sistem informasi rujukan terintegrasi (Sisrute) dan call center selama 24 jam," ucapnya.

Terpisah, Humas RSUD Dr Pirngadi, Edison Perangin-angin mengaku pelayanan kesehatan berjalan dengan normal pada cuti bersama maupun Lebaran nantinya.

"Untuk rawat jalan sudah ada posko tersendiri dibuat, dan pada dokter jaga on call (panggilan)," ucapnya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement