Rabu 12 Apr 2023 17:25 WIB

Soal Relawan Jokowi Dukung Airlangga, Begini Kata Pengamat

Dukungan relawan Jokowi yang tergabung dalam Projo dinilai relevan

Airlangga bersama relawan Projo berkolaborasi dalam kegiatan pasar murah (ilustrasi). Dukungan relawan Jokowi yang tergabung dalam Projo dinilai relevan
Foto: Republika
Airlangga bersama relawan Projo berkolaborasi dalam kegiatan pasar murah (ilustrasi). Dukungan relawan Jokowi yang tergabung dalam Projo dinilai relevan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Pengamat politik Ali Rif’an mengatakan dukungan kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merupakan kode politik dari Presiden Jokowi.

Ali menyebut selama ini Airlangga menjadi nama yang sering di-endorse Jokowi selain Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga

“Selain Ganjar, kemudian Prabowo sebenarnya yang sering di-endorse atau gestur Jokowi itu ke arah Airlangga. Jadi dukungan Projo ke Airlangga satu kode politik (Jokowi),” kata Ali, dalam keterangannya, Rabu (12/4/2023). 

Selain itu, Ali juga menilai dukungan Projo ke Airlangga dilatarbelakangi loyalitas Airlangga ke Presiden Jokowi. Airlangga juga dianggap sukses menjalankan setiap perintah dan tugas yang diberikan Jokowi.

“Airlangga dinilai sukses membawa ekonomi Indonesia stabil, bahkan di posisi yang saat ini cukup genting di mana negara-negara dunia jadi pasien IMF dan Indonesia mampu melewati pandemi itu juga karena ada andil besar Menko Perekonomian. Salah satu target lima tahun mendatang Indonesia memang di sektor ekonomi dalam hal ini pembangunan. Airlangga dinilian Presiden Jokowi punya performa di situ,” ujarnya.

Direktur Arus Survei Indonesia ini menambahkan, kuatnya daya tawar politik Partai Golkar disebut juga menjadi alasan dukungan Projo ke Airlangga.  

“Sokongan partai Golkar dengan perolehan kursi nomor dua setelah PDIP jadi ada harapan. Jadi itu menurut saya mengapa hari ini Projo memberi dukungan kepada Airlangga Hartarto,” katanya.

Ali berpendapat, dukungan politik dari kelompok relawan seperti Projo ini masih relevan dan penting dimiliki oleh seorang Calon Presiden (Capres). Menurutnya, kelompok relawan bisa menambah kekuatan elektoral di masyarakat. 

“Saya punya catatan kecil soal ini, karena ada tren dalam satu research yang kami lakukan itu memang kepercayaan publik kepada relawan jauh lebih besar ketimbang partai politik. Jadi saya membaca memang dukungan relawan saat ini penting, kendati relawan bisa by design. Namun relawan mampu membuat persepsi publik lebih tidak pragmatis karena kalau Parpol kesannya pragmatis terlihat mengejar kekuasaan tampak adanya negosiasi dan deal-deal meraih tujuan tertentu termasuk menyiapkan logistik pilpres. Tetapi ketika muncul istilah relawan, kemudian asumsi publik jadi berubah,” jelasnya.

“Relawan menjadi penting karena itu yang membuat Presiden Jokowi dalam beberapa bulan terakhir terus melakukan konsolidasi dengan relawan. Karena Jokowi adalah presiden yang sejauh ini kemenangannya didukung relawan yang luar biasa. Jokowi juga memberi sinyal bahwa relawan dia berpengaruh ketika mendukung salah satu calon di 2024,” kata dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement