Sabtu 08 Apr 2023 11:39 WIB

Bayi Gajah Lahir di Unit Konservasi Pelalawan

Saat ini sudah tiga ekor gajah bertambah di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui.

Rep: Febrian Fachri / Red: Friska Yolandha
Anak gajah (ilustrasi). Seekor bayi gajah lahir di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT RAPP  Kabupaten Pelalawan, Riau, pada 6 April 2023.
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Anak gajah (ilustrasi). Seekor bayi gajah lahir di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT RAPP Kabupaten Pelalawan, Riau, pada 6 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Seekor bayi gajah lahir di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT RAPP  Kabupaten Pelalawan, Riau. Kelahiran tersebut terjadi pada Kamis 6 April 2023 pukul 05.00 WIB dari induk gajah binaan yang diberi nama Carmen. Bayi gajah yang lahir berjenis kelamin Jantan dengan berat badan 90,9 kg dan lahir dalam kondisi normal.

Induk gajah Carmen berusia 14 tahun yang lahir di lokasi yang sama pada 5 Januari 2009 dari induk betina bernama Meri. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Genman S Hasibuan, mengaku senang karena kelahiran anak gajah ini membuat kelestarian satwa langka itu lebih baik.

Baca Juga

"Kami sangat mengapresiasi dan terima kasih kepada pihak PT RAPP yang telah merawat titipan gajah sumatera tersebut dengan baik, dan terbukti dengan adanya kelahiran beberapa gajah sejak penitipan," kata Genman, Jumat (7/4/2023).

Genman menyebut saat ini sudah 3 ekor gajah bertambah di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui. Semula hanya berjumlah 4 ekor menjadi 7 ekor yakni 4 betina dengan nama Mery, Carmen, Ika dan Mira serta 3 jantan dengan nama Raja Arman, Ade dan gajah yang baru lahir.

Penempatan gajah di Unit Konservasi Gajah Estate Ukui PT RAPP dimulai sejak tahun 1994 di Estate Langgam sebanyak 4 individu gajah yakni  3 betina dan 1 jantan. Namun sejak tahun 2007 dipindahkan ke Estate Ukui dan diberi nama Unit Konservasi Gajah Estate Ukui.

"Semoga kelahiran ini akan memberi semangat baru dalam pelestarian gajah di masa mendatang," ujar Genman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement