Rabu 05 Apr 2023 10:17 WIB

Masyarakat Diminta Waspada, Gunung Semeru Sudah 14 Kali Gempa Letusan Hari Ini

Warga diimbau mewaspadai dampak awan panas guguran.

Sejumlah warga melihat aliran material lahar hujan Gunung Semeru di Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.
Foto: AntaraIrfan Sumanjaya
Sejumlah warga melihat aliran material lahar hujan Gunung Semeru di Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Gunung Semerudi wilayah Provinsi Jawa Timur selama periode pengamatan Rabu (5/4/2023) pukul 00.00 sampai 06.00 WIB mengalami 14 kali gempa letusan menurut laporanPetugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru.

"Seismograf juga mencatat Gunung Semeru mengalami satu kali gempa guguran dengan amplitudo 10 mm dan lama gempa 150 detik," kata Mukdas Sofian, Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga

Di samping itu, Gunung Semeru terekam mengalami dua kali gempa hembusan dengan amplitudo 7 sampai 9 mm selama 65 sampai 69 detik dantiga kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 3 sampai 27 mm selama 40 sampai 100 detik.

Gunung api setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang itu masih berstatus Siaga atau Level III.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta warga tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak gunung.

Warga juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan hingga sejauh 17 km dari puncak karena area tersebut berpotensi terdampak awan panas dan aliran lahar.

"Masyarakat di lereng Semeru juga diimbau tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar)," kata Mukdas Sofian.

Selain itu, dia mengimbau warga mewaspadai dampak awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

"Terutama di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat," katanya.

Ia menambahkan, potensi aliran lahar di sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan pun mesti diwaspadai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement