Selasa 04 Apr 2023 23:01 WIB

Masyarakat Bogor Diimbau Waspada Copet di Area Publik

Pencopet memanfaatkan situasi kepadatan aktivitas di tempat umum.

Pencopet (ilustrasi). Masyarakat Bogor Diimbau Waspada Copet di Area Publik
Foto: Foto : Mardiah
Pencopet (ilustrasi). Masyarakat Bogor Diimbau Waspada Copet di Area Publik

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi kasus pencopetan yang memanfaatkan situasi kepadatan aktivitas di tempat umum, seperti angkutan umum kota (angkot), pasar, mal dan tempat umum lain selama Ramadhan dan libur Lebaran 2023.

"Kota Bogor sejauh ini aman. Sepekan ini ada satu kasus dan kita harap tidak meningkat dengan peningkatan kewaspadaan masyarakat," kata Kasareskrim Polresta Bogor Kota Rizka Fadhila Secar saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga

Polresta Bogor Kota telah mengungkap kasus pencopetan telepon seluler atau handphone berinisial AS (28) yang beroperasi di angkutan umum kota (angkot). Saat itu kondisi duduk penumpang berdesak-desakan. Pencopetan terjadi di Jalan Veteran, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Barat, Sabtu (25/3/2023).

Pelaku inisial AS melakukan tindak pidana pencopetan dengan memanfaatkan angkot yang berdesak-desakan, kemudian memepet korban. Saat korban lengah, tangannya langsung masuk ke tas dan mengambil ponsel.

 

Ia tertangkap berkat penumpang lain berteriak dan dikejar korbannya bersama warga sekitar hingga anggota TNI yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah berhasil membantu menangkapnya.

Kompol Rizka menyampaikan masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan saat berada di area publik ketika membawa barang-barang seperti tas, dompet dan barang berharga lain. Kemudian, jangan ragu untuk berteriak ketika mendapati ada orang yang mencurigakan agar masyarakat di sekitarnya bisa merespons untuk menolong.

"Waspada terhadap barang bawaan, kemudian harus terbuka, berteriak saja agar ada yang bisa menolong ketika terjadi hal-hal yang mencurigakan," katanya.

Sebagai langkah antisipasi, kata Kompol Rizka, Satreskrim Polresta Bogor Kota juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pencegahan kasus pencopetan di pasar-pasar dan tempat umum lain.

"Sudah (ke pasar-pasar) sesuai arahan Kapolresta Bogor Kota, kami berkoordinasi dengan dinas terkait," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement