Senin 03 Apr 2023 09:07 WIB

Helat 'Ngabuburit Ceria' di Kabupaten Bogor, Kowarteg Buka Layanan Cek Kesehatan Gratis

Meski rintik hujan masih mengguyur kawasan itu, tak menyurutkan minat masyarakat.

cek kesehatan dan konsultasi gratis bertajuk Ngabuburit Ceria bagi warga Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
cek kesehatan dan konsultasi gratis bertajuk Ngabuburit Ceria bagi warga Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ngabuburit jadi momen yang ditunggu-tunggu masyarakat di bulan Ramadhan. Biasanya, ragam aktivitas dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia menyediakan cek kesehatan dan konsultasi gratis bertajuk 'Ngabuburit Ceria' bagi warga Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga

Koordinator Wilayah Kowarteg Indonesia Jabar, Joko Dewo mengatakan pada Ramadhan, sepatutnya umat muslim menjaga kondisi kesehatan dengan memerhatikan asupan gizi, baik ketika menyantap hidangan sahur maupun berbuka puasa, Ahad (2/4/2023).

"Karena rata-rata orang yang dikonsumsi pada saat bulan Ramadhan ini macam-macam, orang paling seneng gorengan dulu ya kan. Kami cek apakah kolesterolnya bagus, tetapi alhamdulillah yang rata-rata kami laksanakan hari ini kolestrol ya bagus gula darah bagus, juga tensi," ucap Joko.

Meski rintik hujan masih mengguyur kawasan itu, tak menyurutkan minat masyarakat yang ingin memeriksakan kondisi kesehatannya dalam kegiatan bertajuk "Ngabuburit Ceria" itu.

Para relawan tersebut menghadirkan tenaga kesehatan profesional untuk skrining penyakit tak menular sekaligus konsultasi kesehatan gratis.

Setelah cek kesehatan, komunitas para relawan Ganjar ini juga memberikan stimulus berupa alat dapur kepada peserta ibu-ibu supaya terus menyajikan makanan sehat dan bergizi seimbang bagi keluarga.

"Ayo kami mengonsumsi makanan yang sehat yang sudah diterapkan oleh pemerintah dan Kowarteg Indonesia memang menyajikan makanan bermutu san berkualitas kita ajak masyarakat indonesia untuk hidup lebih sehat," kata Joko.

Lia (36) masyarakat Desa Parigi Mekar menyambut baik kegiatan cek kesehatan dan konsultasi gratis yang digagas Kowarteg Indonesia.

Dia mengaku senang lantaran pemeriksaan kesehatan pada dirinya menunjukkan hasil yang positif.

"Alhamdulillah normal semua, kegiatan di sini bagus, bermanfaat bagi masyarakat sekitar," kata Lia.

Sebelumnya, Kowarteg juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Koordinator Kowarteg Indonesia, Noerozi, menghadirkan dokter senior beserta perawat profesional untuk memeriksa kesehatan masyarakat.

"Peserta kebanyakan lansia dan mereka merasa terbantu dengan adanya cek kesehatan," ujarnya  seperti dilansir dari Antara

Selain mengadakan pemeriksaan kesehatan, pihaknya juga memberikan makanan sehat kepada para peserta.

 

"Semuanya disediakan oleh Kowarteg indonesia. Selain mendapatkan takjil, makanan sehat, dan minuman segar, para peserta juga mendapatkan bingkisan," ucap dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement