Ahad 02 Apr 2023 18:08 WIB

Kenalan Yuk Sama Prodi Data Sains dan Lihat Prospek Kariernya

Bidang sains data begitu erat kaitannya dengan data-data digital.

Sains data, saat ini memiliki prospek yang sangat bagus khususnya di kancah global,
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Sains data, saat ini memiliki prospek yang sangat bagus khususnya di kancah global,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Data sains atau sains data merupakan perpaduan antara ilmu statistika, bisnis dan ilmu komputer. Seiring tren yang berkembang saat ini, kalangan pemberi kerja atau perusahaan pun kini bergeser ke bidang teknologi informasi, dimana segala aspek kebutuhan informasi bersumber dari data digital.

Bidang sains data begitu erat kaitannya dengan data-data digital. Data-data digital ini nantinya diolah menjadi sebuah sumber informasi yang berharga bagi berkembangnya perusahaan. Perusahaan-perusahaan besar banyak yang kini bermain dengan data untuk memajukan bisnis mereka agar bertambah luas.

Baca Juga

Menurut Tati Mardiana selaku ketua program studi (Kaprodi) Sains Data Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan ilmu data science merupakan ilmu yang mempelajari pengolahan data yang bersifat numerik atau kuantitatif baik yang teratur atau tidak teratur.

“Data-data ini diolah untuk melihat kecenderungan dari suatu hal untuk kemudian dianalisa, seperti kecenderungan trend pasar, daya beli, tingkat kepuasan dan sebagainya,” katanya, Ahad (2/4/2023).

Sains data, ujar Tati menjelaskan, saat ini memiliki prospek yang sangat bagus khususnya di kancah global, menjadi salah satu strategi bisnis yang banyak dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

“Popularitas bidang data sains meningkat ditunjukkan dengan adanya permintaat perusahaan terhadap kandidiat yang mempunyai skill di bidang sains data. Sebab, sumber daya manusia (SDM) dengan keahlian sains data ini diharapkan mampu membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnis karena trend saat ini melihat berdasarkan data yang valid bukan hanya sekedar perkiraan belaka,” paparnya.

Melihat banyaknya permintaan SDM ini, ungkapnya tentu prospek karier bidang sains data sangat menjanjikan di masa depan. Lulusan prodi Sains Data tentu diharapkan mampu mengelola data dalam jumlah besar untuk melihat pola yang tersembunyi didalamnya.

“Dengan mengetahui pola tersebut, maka lulusan Sains Data memiliki kemampuan analisa yang cukup baik dan tentu ini yang dicari oleh banyak perusahaan. Dari hasil analisanya, ada banyak informasi yang didapat perusahaan untuk mengambil langkah strategi di masa depan sehingga perusahaan atau bisnisnya dapat berkembang pesat,” terangnya.

Kampus Digital Bisnis UNM, ungkapnya, memahami kebutuhan ini, dan membuka kesempatan belajar pada generasi muda untuk mendalami bidang ilmu data science, agar siap menangkap peluang dan kesempatan emas di perusahaan global.

“UNM membuka prodi Sains Data untuk periode belajar September 2023. Agar lebih mudah silahkan membuka laman MyNusa PMB di alamat http://pmb.nusamandiri.ac.id atau download aplikasi PMB Nusa Mandiri di google play store,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement