Ahad 02 Apr 2023 10:33 WIB

Puluhan Orang Keracunan Diduga Makan Jajanan Ramadhan, Satu Orang Meninggal

Bakteri E coli ditemukan pada sisa kue yang disantap oleh warga yang diduga mengalami

Petugas medis mengambil data pasien korban keracunan makanan. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Andri Saputra
Petugas medis mengambil data pasien korban keracunan makanan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT--Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, menurunkan tim untuk menelusuri penyebab kasus keracunan massal. Keracunan massal ini telah merenggut korban jiwa di bagian wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Ketua Tim Kerja BBPOM Palangka Raya Wiwik Wiranti menyampaikan bahwa tim BBPOM mengambil sampel bahan makanan. Makanan ini diduga menyebabkan sekitar 40 orang keracunan, di wilayah Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Baca Juga

"Kami mengambil sampel bahan bakunya, seperti daging sapi, kentang, dan wortel serta airnya. Ini akan kami periksa di laboratorium di Palangka Raya. Jadi, sampel yang kami ambil ini adalah sampel yang belum diambil Dinas Kesehatan Kotim," katanya, di Sampit, Ahad (2/4/2023).

Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, ada sekitar 40 orang yang mendapat pertolongan medis karena mengalami gejala serupa keracunan setelah mengonsumsi kue ipau yang dibeli di tempat penjualan jajanan Ramadhan di Kecamatan Baamangpada Rabu (29/3/2023) malam.

Di antara warga yang diduga keracunan makanan ada satu orang yang meninggal saat dibawa ke RSUD dr Murjani Sampit. Saat ini masih ada 17 orang yang menjalani perawatan di rumah sakit tersebut karena mengalami gejala serupa keracunan setelah makan kue ipau.

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur sudah mengambil sampel kue yang dikonsumsi oleh korban untuk diperiksa di laboratorium. Aparat Kepolisian Resor Kotawaringin Timur juga mengambil sampel sisa kue untuk menyelidiki penyebab keracunan.

Wiwik mengatakan bahwa selain mengambil dan memeriksa sampel bahan makanan, petugas BBPOM meminta penjelasan dari pelaku usaha mengenai proses pembuatan kue ipau yang diduga menyebabkan sejumlah warga mengalami keracunan. Menurut dia, BBPOM membutuhkan waktu satu hingga dua pekan untuk menelusuri penyebab keracunan massal.

"Kalau dari gejala yang disampaikan itu kemungkinan mikrobiologi. Mikrobiologi itu erat kaitannya dengan higiene dan sanitasi, mulai dari tempat pengolahannya, cara mengolah makanannya, juga bahan baku dan bahan pengemasnya," kata dia.

Setelah memeriksa penyebab keracunan, Wiwik mengatakan, BBPOM akan melakukan pembinaan kepada produsen makanan dan pedagang. Tujuannya agar mereka memahami tata cara menyiapkan, mengolah, mengemas, dan menyajikan makanan secara sehat dan aman.

Selain memeriksa sampel makanan yang dijajakan di wilayah Kecamatan Baamang, BBPOM mengambil sampel makanan di sejumlah pasar Ramadhan di Sampit untuk diperiksa. Wiwik menjelaskan pula bahwa BBPOM selama tahun 2022 menjalankan Program Desa Pangan Aman dan Pasar Pangan Aman di Kotawaringin Timur.

"Pembuat dan pedagang makanan diminta selalu menjaga kebersihan ruang produksi, kebersihan diri pengolah makanan bahan baku, bahan pengemas. Pedagang diingatkan jangan menggunakan koran maupun alas bekas untuk alas makanan karena rawan terkontaminasi bibit penyakit," katanya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur sebelumnya menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan awal, bakteri E coli ditemukan pada sisa kue yang disantap oleh warga yang diduga mengalami keracunan. "Kami mengambil sampel 28 dan 29 Maret. Hasil sementara, ditemukan ada E. coli di kue tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur, Umar Kaderi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement