Jumat 31 Mar 2023 08:05 WIB

Eks Ajudan Jokowi Promosi Jadi Danjen Kopassus

Mayjen Iwan Setiawan promosi menjabat Pangdam XII/Tanjungpura.

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen Deddy Suryadi promosi menjadi Danjen Kopassus.
Foto: Dok Korem Pamungkas.
Kasdam IV/Diponegoro Brigjen Deddy Suryadi promosi menjadi Danjen Kopassus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi dan promosi perwira tinggi (pati) TNI tiga matra. Di antara yang diganti adalah Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) dari Mayor Jenderal (Mayjen) Iwan Setiawan kepada Brigadir Jenderal (Brigjen) Deddy Suryadi.

Iwan akan dipromosikan sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura menggantikan Mayjen Sulaiman Agusto. Adapun Deddy sebelumnya merupakan Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV/Diponegoro.

Dengan jabatan barunya, Deddy akan menyandang pangkat mayjen. Deddy sebelumnya pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2017-2019. Setelah itu, kariernya meroket dengan menjadi Kepala Staf Korem (Kasrem) 061/Suryakancana di Bogor pada 2020-2021, Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama di Solo pada 2021, Wakil Danjen Kopassus pada 2021-2022, dan Kasdam IV/Diponegoro pada 2022 sampai sekarang.

Baca: Menerka Kuda Hitam Panglima TNI ke-23

"Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia," demikian keterangan surat keputusan mutasi yang diteken Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) TNI, Brigjen Edy Rochmatullah di Jakarta pada 29 Maret 2023.

Total ada 219 perwira dimutasi dan promosi untuk jabatan pati tiga matra. Selain itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama (Laksma) Julius Widjojono dipromosikan menjadi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Kisdiyanto.

Baca: KSAL Teken Kontrak, TNI AL Beli 35 Mobil Esemka Buatan Boyolali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement