Rabu 29 Mar 2023 15:56 WIB

Isyaratkan Reshuffle Kabinet, Jokowi: Segera

Jokowi tidak menjelaskan kapan reshuffle kabinet akan diumumkan.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Wahyu Suryana/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi memastikan akan me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. (ilustrasi)
Foto:

Berdasarkan survei yang digelar pada 25 Januari-3 Februari 2023 dengan 1.200 responden yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia, termasuk daerah-daerah otonomi baru, Populi Center menangkap persepsi masyarakat akan kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju. Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah mengatakan, ada masyarakat yang merasa perlu ada pergantian menteri, ada pula yang merasa itu tidak perlu.

Uniknya, ternyata menteri dari Partai Nasdem bukan merupakan menteri yang dirasa paling layak diganti, seperti yang banyak dibicarakan beberapa waktu terakhir. Ada Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim, yang dinilai paling layak untuk diganti.

"Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, yang berasal dari kalangan profesional memuncaki daftar teratas menteri yang layak untuk diganti dengan 16 persen," kata Nurul, Senin (13/2/2023).

Setelah itu, barulah ada menteri-menteri dari Partai Nasdem yang dinilai paling layak untuk diganti. Ada Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dengan 14,4 persen dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate dengan 10,9 persen.

Kemudian, ada Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, dengan 9,5 persen dan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, dengan 7,1 persen. Nurul mengungkapkan, terkait itu sebanyak 42,2 persen responden memang menginginkan ada reshuffle kabinet.

"Sementara, jumlah yang menjawab tidak perlu sebesar 40,2 persen dan masyarakat yang menolak menjawab sebesar 17,6 persen," ujar Nurul.

Metode pengambilan data dalam survei ini melalui wawancara tatap muka. Dipilih menggunakan metode acak bertingkat, margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dilakukan lewat aplikasi survei Populi Center.

 

 

 
photo
Isyarat Reshuffle dari Jokowi - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement