Rabu 29 Mar 2023 09:01 WIB

Guru: Anak PAUD Banyak yang Harus Les Ketika Calistung Jadi Syarat Masuk SD

Kemampuan calistung tidak lagi menjadi syarat masuk SD.

Anak usia dini belajar membaca (Ilustrasi). Mulai tahun ajaran baru, kemampuan baca, tulis, dan hitung (calistung) tidak lagi menjadi syarat masuk sekolah dasar (SD).
Foto:

Yasin berharap dengan diluncurkannya kebijakan itu, maka tidak ada lagi saling menyalahkan antara guru SD dan PAUD. Sebab, dalam masa transisi yang dibutuhkan adalah antarpemangku kebijakan perlu saling bersinergi dalam memberikan hak belajar bagi anak-anak.

"Kita manfaatkan alat bantu yang sudah disediakan oleh kementerian melalui platform Merdeka Mengajar (PMM) dan laman Merdeka Belajar untuk menggali inspirasi," tutur dia.

Guru lain yang turut hadir dalam kegiatan itu adalah Neli Purwani, yakni guru TK Darul Amin, Seruyan, Kalimantan Tengah. Neli menyampaikan, dalam menciptakan masa transisi PAUD-SD yang lebih baik, sekolahnya melakukan temu konsultasi dengan melibatkan guru PAUD, guru SD kelas awal, dan orang tua untuk mendudukkan pemahaman yang sama tentang kebijakan ini dan mengatasi adanya miskonsepsi.

"Di sana dijelaskan bahwa tidak ada tuntutan untuk menguasai calistung ketika anak masuk SD," ujar Neli.

Kemudian, ada kunjungan dari PAUD ke SD terdekat untuk meninjau langsung kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, anak-anak PAUD akan lebih siap memasuki lingkungan belajar di SD.

Lebih lanjut, Neli menilai kebijakan tersebut dapat menjadi titik terang atau solusi atas miskonsepsi yang selama ini terjadi. Dia mengajak para guru di seluruh Indonesia untuk menyukseskan gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan guna mengantarkan anak-anak PAUD ke jenjang pendidikan dasar dengan lebih bahagia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement