Selasa 28 Mar 2023 14:24 WIB

Lima Proyek Jalan Tol dalam Tahap Lelang Tahun Ini

Hingga 2025 sampai 2030, Jabodetabek akan memiliki lima jaringan jalan tol.

Sejumlah kendaraan melintasi ruas jalan tol (Foto: ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sejumlah kendaraan melintasi ruas jalan tol (Foto: ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan terdapat lima proyek jalan tol dalam tahap pelelangan pada tahun ini. "Untuk proyek-proyek jalan tol yang sedang dalam tahap pelelangan, pertama adalah proyek Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg sepanjang 39,20 km," kata Kepala BPJT Danang Parikesit dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Proyek Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg tersebut saat ini berstatus dalam evaluasi oleh tim penjamin mutu. Proyek jalan tol kedua dalam tahapan pelelangan pada tahun ini adalah Tol Cikunir-Ulujami sepanjang 21,5 km dengan status saat ini dalam proses negosiasi.

Baca Juga

Sedangkan proyek-proyek tol lainnya dalam tahapan pelelangan tahun ini, antara lain proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung sepanjang 44,51 km, Tol Bogor-Serpong via Parung sepanjang 31,12 km, dan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat sepanjang 61,50 km.

"Untuk dua proyek tol terakhir, yakni Bogor-Serpong via Parung dan Sentul Selatan-Karawang Barat masuk dalam jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III," ujar Danang.

 

Sebelumnya, BPJT Kementerian PUPR berencana melelang sejumlah proyek ruas tol yang menjadi bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 3 yang membentang dari Kamal, Jakarta Utara sampai dengan Karawang Barat. Dengan demikian hingga 2024-2025 sampai dengan 2030, kawasan Jabodetabek akan memiliki lima jaringan atau ring jalan tol untuk kawasan tersebut.

Kelima jaringan jalan tol tersebut terdiri dari enam ruas tol DKI Jakarta, Tol Dalam Kota, JORR 1, JORR 2, dan JORR 3. Kehadiran kelima jaringan jalan tol tersebut diharapkan membuat pergerakan di wilayah perkotaan kawasan Jabodetabek bisa teralokasikan dan terselenggara dengan baik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement