Ahad 05 Mar 2023 20:18 WIB

Harga Beras di Pasar Baleendah Belum Turun, Jokowi Minta Segera Digelar Operasi Pasar

Jokowi menemukan fakta harga beras di Pasar Baleendah Bandung belum turun.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo mengecek harga kebutuhan pokok di  Pasar Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (5/3/2023). Biro Pers Sekretariat Presiden
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mengecek harga kebutuhan pokok di  Pasar Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (5/3/2023). Biro Pers Sekretariat Presiden

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Bulog agar segera mengadakan operasi pasar di Pasar Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (5/3/2023). Sebab, saat meninjau harga kebutuhan pokok di pasar tersebut, Jokowi menemukan harga beras yang masih belum mengalami penurunan di sana.

“Tadi saya sudah telepon Bulog untuk juga diadakan operasi pasar di Pasar Baleendah Kabupaten Bandung untuk menurunkan harga,” jelas Jokowi, dikutip dari siaran pers Istana.

Baca Juga

Jokowi mengatakan, panen raya yang akan terjadi dalam waktu dekat bisa mendorong penurunan harga beras sehingga lebih stabil dan terjangkau.

“Ini kan panen raya nggak ada masalah panen raya di mana-mana, panen raya secara otomatis kalau suplainya banyak pasokan banyak harga pasti turun," kata mantan Wali Kota Solo itu.

Selain beras, Jokowi menyebut harga beberapa kebutuhan pangan di pasar tersebut juga mengalami kenaikan, yakni seperti cabai rawit merah dan cabai rawit hijau. “Memang ada kenaikan untuk cabai rawit merah, cabai rawit hijau, memang naik sampai harga 70-80 (ribu rupiah),” jelas Jokowi.

Ia menilai kenaikan harga cabai merupakan fenomena yang sering terjadi. Namun, Jokowi meyakini harga tersebut akan turun pada bulan depan. “Memang sulit diselesaikan tapi memang kadang petani harus juga dapat untung, tapi nanti kan bulan berikut sudah turun lagi,” ucapnya.

Selain mengecek harga kebutuhan pokok, Jokowi yang didampingi Iriana juga turut membagikan sejumlah bantuan kepada para pedagang dan masyarakat berupa Bantuan Modal Kerja (BMK), Bantuan Tunai Langsung (BTL), dan sembako.

Tampak hadir mendampingi Jokowi dalam peninjauan ini, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement