Rabu 01 Mar 2023 18:43 WIB

Gandeng Fintech, Bank Mandiri Tingkatkan Transaksi Melalui Fitur Transfer Antarnegara

Bank Mandiri menargetkan nilai transaksi bisa mencapai 1 juta dolar AS per hari.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Karyawan menunjukan aplikasi Livin by Mandiri di Jakarta, Selasa (26/7). PT Bank Mandiri Tbk terus berupaya meningkatkan transaksi melalui layanan transfer antarnegara.
Foto: Prayogi/Republika.
Karyawan menunjukan aplikasi Livin by Mandiri di Jakarta, Selasa (26/7). PT Bank Mandiri Tbk terus berupaya meningkatkan transaksi melalui layanan transfer antarnegara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri Tbk terus berupaya meningkatkan transaksi melalui layanan transfer antarnegara. Setelah merilis fitur Transfer Valas di aplikasi Livin', Bank Mandiri kini menggandeng perusahaan teknologi global Wise untuk mempermudah nasabah mengirimkan dana melakukan transfer dana ke luar negeri. 

Dari kerja sama ini, Bank Mandiri menargetkan nilai transaksi bisa mencapai 1 juta dolar AS per hari. "Dari sisi frekuensi kita menargetkan sekitar 200 ribu transaksi per tahun," kata VP Micro Segment & Remmitence Solution Bank Mandiri Rolland Setiawan, Rabu (1/3/2023). 

Baca Juga

Bank Mandiri akan menggunakan Application Programming Interface (API pembayaran dari Wise Platform sebagai infrastruktur white-labelled untuk melakukan transfer uang ke luar negeri. Dengan mengintegrasikan Wise Platform, Bank Mandiri menyediakan layanan transfer uang ke luar negeri dengan harga yang terjangkau.

Melalui kerja sama dengan Wise, nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transfer dari 10 mata uang termasuk rupiah, dolar AS, euro, dolar Singapura, dolar Australia, pound sterling, yen Jepang, yuan Cina, dolar Hong Kong, franc Swiss ke lima mata uang yaitu dolar Australia, dolar Singapura, dolar Australia, pound sterling dan euro. 

Selain itu, 52 persen transfer yang dikirim melalui Wise secara instan dapat memberikan kecepatan dan kenyamanan yang lebih baik bagi nasabah Bank Mandiri. Hadirnya Wise Platform di Indonesia juga merupakan pengembangan lebih lanjut, sejak pertama kali Wise diluncurkan di Indonesia tahun 2020 sebagai layanan pengiriman uang yang murah dan cepat.

Country Manager Wise Indonesia Elian Ciptono mengatakan sejak diluncurkan pada 2011, Wise terus mengembangkan Wise Platform, penawaran infrastruktur transaksi pembayaran untuk bank dan nonbank. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 60 bank dan perusahaan besar di seluruh dunia yang telah mengintegrasikan Wise Platform ke dalam infrastruktur mereka. 

"Hari ini, Bank Mandiri telah menjadi mitra pertama Wise di Indonesia yang mengintegrasikan Platform Wise ke aplikasinya, Livin’ by Mandiri," kata Elian. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement