Sabtu 25 Feb 2023 09:35 WIB
Setahun Perang Rusia-Ukraina

Fase VI: Tarik Diri dan Mobilisasi Kembali Pasukan Rusia

Rusia memilih menyusun kembali pasukan di pertahanan timur Ukraina

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Rusia memilih menyusun kembali pasukan di pertahanan timur Ukraina, sehingga harus menarik diri di beberapa kota yang telah ditaklukkan dan membiarkan pasukan Ukraina mengambil alih.
Foto: AP Photo/LIBKOS
Rusia memilih menyusun kembali pasukan di pertahanan timur Ukraina, sehingga harus menarik diri di beberapa kota yang telah ditaklukkan dan membiarkan pasukan Ukraina mengambil alih.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID -- Rusia mengalami banyak kekalahan sebelumnya, setelah berbagai sanksi dan serangan balasan dari pasukan Ukraina yang dibantu sekutu Barat. Rusia memilih menyusun kembali pasukan di pertahanan timur Ukraina, sehingga harus menarik diri di beberapa kota yang telah ditaklukkan dan membiarkan pasukan Ukraina mengambil alih.

Rusia memperluas kembali tujuannya untuk memasukkan Kherson dan Zaporizhia. Ukraina menggunakan rudal untuk menghancurkan amunisi, pangkalan, dan pos komando Rusia jauh di belakang garis depan.

3 Juli

Rusia mengklaim telah merebut Lysychansk, memberikannya kendali nominal atas oblast Luhansk, meskipun pertempuran partisan terus berlanjut.

4 Juli

Sekitar 40 negara berpartisipasi dalam Konferensi Internasional tentang Pemulihan Ukraina di Lugano, Swiss. Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal mengatakan 750 miliar dolar AS dan yang akan dibutuhkan.

17 Juli

Zelenskyy mengatakan Rusia kini telah menembakkan 3.000 rudal jelajah ke negaranya.

20 Juli

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Rusia Ria Novosti, menteri luar negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan Rusia telah menyimpang dari tujuan resminya menduduki dua wilayah timur Luhansk dan Donetsk, mengatakan Zaporizhia dan Kherson di selatan juga penting untuk diambil.

21 Juli

Di ​​wilayah selatan Kherson, Ukraina mengatakan telah menghancurkan gudang amunisi Rusia.

22 Juli

Rusia dan Ukraina menandatangani perjanjian yang ditengahi PBB yang memungkinkan ekspor biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam.

26 Juli

Perusahaan negara Rusia Gazprom mengatakan akan membagi dua pasokan gas melalui pipa Nord Stream 1 menjadi 20 persen dari kapasitas. Para menteri energi Uni Eropa setuju untuk secara sukarela mengurangi penggunaan gas alam sebesar 15 persen antara Agustus tahun ini hingga Maret 2023.

27 Juli

Pasukan Ukraina merusak kendaraan Antonivka dan jembatan rel menggunakan artileri roket HIMARS, membuatnya tidak dapat digunakan untuk transportasi militer berat. Ini membantu memotong posisi maju Rusia di Kherson.

29 Juli

Setidaknya 50 tawanan perang Ukraina tewas ketika fasilitas penahanan mereka diledakkan di Olenivka, Donetsk. Rusia mengatakan Ukraina menargetkan anak buahnya sendiri. Ukraina mengatakan Rusia meledakkan tempat perlindungan warga "untuk menutupi kejahatan perang".

31 Juli

Pesawat tak berawak Ukraina diduga terbang ke markas armada Laut Hitam Rusia di Sevastopol pada Hari Angkatan Laut Rusia, melukai lima orang.

1 Agustus

Kapal pertama yang memuat biji-bijian Ukraina meninggalkan pelabuhan menyusul kesepakatan 22 Juli untuk mencabut blokade Rusia.

6 Agustus

Komando selatan Ukraina mengatakan pasukannya menghancurkan 39 peluncur roket Rusia dan gudang amunisi.

7 Agustus

Komando selatan Ukraina melaporkan penghancuran 24 peluncur roket ganda Rusia, tank T-62, lima kendaraan lapis baja dan gudang amunisi dalam serangan terhadap Berislavsky dan satu lokasi lain di wilayah Kherson.

9 Agustus

Diperkirakan sembilan pesawat tempur Rusia dihancurkan di darat di pangkalan udara Saky di Krimea, 225km (136,7 mil) di belakang garis depan, yang tampaknya merupakan serangan signifikan pertama Ukraina terhadap pangkalan Rusia di semenanjung.

Ukraina juga menghancurkan gudang amunisi Rusia di Novooleksiivka di Krimea, 150 km (93,2 mil) selatan garis depan, dan sebuah pos komando di Maksyma Horkoho di pantai barat daya Kherson.

16 Agustus

Serangkaian ledakan mengguncang desa Mayskoye di Krimea, saat depot amunisi Rusia yang dicurigai terbakar, memaksa evakuasi 3.000 orang. Rusia menyebutnya "hasil sabotase" pihak tertentu.

18 Agustus

Sekjen PBB Antonio Guterres memperingatkan kerusakan pada pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia akan menjadi "bunuh diri", karena Ukraina dan Rusia saling menuduh melakukan penembakan di dekat pembangkit tersebut.

20 Agustus

Darya Dugina, putri seorang ultranasionalis terkemuka Rusia Alexander Dugin, tewas dalam ledakan bom mobil di dekat Moskow, yang mungkin merupakan upaya pembunuhan terhadap ayahnya. Ukraina membantah tuduhan Rusia bahwa mereka berada di balik serangan itu.

24 Agustus

Ukraina menandai hari kemerdekaannya dari pemerintahan Soviet dan peringatan enam bulan invasi skala penuh Rusia. Perayaan publik dibatalkan di tengah kekhawatiran bahwa Rusia dapat meningkatkan serangan bertepatan dengan hari itu, tetapi Zelenskyy memberikan pidato yang menantang, dengan mengatakan bahwa Ukraina telah “dilahirkan kembali” ketika Rusia menginvasi: “Kami tidak peduli tentara apa yang Anda miliki, kami hanya peduli tentang tanah kita. Kami akan berjuang untuk itu sampai akhir.”

30 Agustus

Ukraina memulai penyerangan di wilayah selatan Kherson yang kemudian menjadi serangan balasan penuh pada musim gugur, mendorong pasukan Rusia mundur.

2 September

Perusahaan minyak milik negara Norwegia Equinor keluar dari usaha patungan terakhir mereka di Rusia bagian dari tarik diri perusahaan Eropa dari sanksi yang dikenakan ke Rusia.

Namun dukungan Rusia untuk perang di Ukraina tetap stabil meski berlarut-larut selama enam bulan. Sementara Ukraina terus meminta penambahan membuat amunisi 155 mm karena persediaan Barat menipis. Sementara AS telah mengirim 806.000 amunisi ke Ukraina.

3 September

Gazprom telah mempertahankan penghentian Nord Stream 1 tanpa memberikan tanggal untuk memulai kembali aliran gas. Gazprom mengutip sanksi Barat sebagai alasan tidak dapat memperbaiki "kerusakan" pada pipa yang meledak.

Menurut Kementerian Pertahanan Inggris, sejak 29 Agustus pasukan Ukraina mendapat kejutan karena kesalahan yang dilakukan oleh komandan Rusia dan masalah logistik yang dihadapi pasukan Rusia. Ada tiga dorongan utama oleh pasukan Ukraina ke Oblast Kherson. Ukraina juga menghancurkan jembatan ponton yang digunakan oleh pasukan Rusia.

9 September

Pasukan Ukraina merebut kembali bagian dari Kharkiv Oblast.

10 September

Sebagai bagian dari serangan balasan besar, pasukan Ukraina merebut kembali Kupiansk dan Izium; menurut Kementerian Pertahanan Inggris, pertahanan Rusia di wilayah Kharkiv "kemungkinan besar kalah". Pasukan Rusia di wilayah Balakliya dan Izyum akan "berkumpul kembali" di wilayah Donetsk "untuk mencapai tujuan operasi militer khusus untuk membebaskan Donbas".

11 September

Kementerian Pertahanan Rusia menerbitkan sebuah peta yang menegaskan bahwa pasukan Rusia di wilayah Kharkiv telah mundur ke tepi timur sungai Oskol. Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan penarikan resmi pasukan Rusia dari hampir seluruh Oblast Kharkiv yang menyatakan bahwa "operasi untuk membatasi dan memindahkan pasukan" sedang berlangsung. Sementara itu, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov mempertanyakan kepemimpinan perang Rusia.

Setelah serangan balik Kharkiv Ukraina, Rusia melancarkan serangan rudal dengan rudal jelajah Kalibr pada objek infrastruktur penting, termasuk Kharkiv TEC-5, yang menyebabkan pemadaman total dan pemadaman air di Ukraina Timur Laut serta Oblast Kharkiv dan Donetsk.

21 September

Puluhan ribu pria Rusia dan keluarga mereka membanjiri perbatasan dan protes sporadis pecah saat Putin memerintahkan mobilisasi 300.000 tentara lainnya.

23 September

Rusia mengadakan “referendum” untuk mencaplok empat wilayah Ukraina yang diduduki sebagian yang oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres disebut sebagai “pelanggaran Piagam PBB dan hukum internasional”.

27 September

Dua ledakan bawah air yang kuat merusak pipa Nord Stream yang mengangkut gas Rusia ke Jerman.

30 September

Komunitas internasional mengecam Putin setelah dia mengklaim telah mencaplok empat wilayah pendudukan Ukraina, termasuk wilayah yang tidak dia kendalikan sepenuhnya, menjadikannya bagian dari Rusia "selamanya". Ukraina secara resmi melamar untuk bergabung dengan NATO.

9 Oktober

Putin untuk pertama kalinya secara terbuka menempatkan seorang jenderal — Sergei Surovikin — untuk memimpin seluruh operasi Ukraina, ia sebagai Komandan Rusia untuk perang Ukraina, yang baru.

10 Oktober

Rusia menghantam kota Kiev dengan rudal dan kota-kota Ukraina lainnya dalam rentetan serangan rudal paling intens sejak hari-hari awal perang, dalam kampanye serangan terhadap jaringan energi dan infrastruktur sipil lainnya dalam upaya untuk menghancurkan keinginan berperang warga Ukraina.

9 November

Rusia memerintahkan pasukannya untuk meninggalkan kota Kherson di Ukraina, pusat regional besar pertama yang direbut dalam invasinya, dalam kemunduran yang sangat simbolis bagi Putin.

14 November

Biden dan Presiden China Xi Jinping setuju sebelum pertemuan negara-negara Kelompok 20 untuk melanjutkan kerja sama dalam perubahan iklim dan ketahanan pangan sambil bersama-sama menghukum Kremlin karena berbicara longgar tentang perang nuklir.

15 November

Dua orang terbunuh oleh sebuah rudal yang mendarat di wilayah Polandia. Insiden tersebut mengancam untuk meningkatkan konflik antara Rusia dan negara-negara NATO, tetapi para pemimpin dari aliansi dan Polandia meredakan situasi dengan mengatakan tidak ada indikasi bahwa itu adalah serangan yang disengaja.

24 November

Penembakan besar-besaran Rusia terhadap infrastruktur energi kritis Ukraina oleh Rusia menyebabkan jutaan orang kehilangan listrik dan panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement