Senin 20 Feb 2023 17:50 WIB

Misteri Dosen Rafie Ubah Rute Penerbangan ke Boston tanpa Pemberitahuan

Polri menyebut dosen UII Ahmad Munasif Rafie tidak hilang tapi ubah rute penerbangan.

Suasana kampus UII Yogyakarta. UII belakangan menjadi bahan pemberitaan setelah salah satu dosennya tidak diketahui keberadaannya setelah mengikuti acara akademis di Oslo, Norwegia. (ilustrasi)
Foto:

Informasi terbaru, diketahui posisi AMRP berada di Boston, Amerika Serikat (AS). Namun tidak diketahui posisi persis AMRP berada di Boston. 

"Berdasarkan informasi yang diterima oleh keluarga melalui UII dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), AMRP terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023," kata Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangannya diterima di Yogyakarta, Ahad (19/2/2023) malam.

Terkait tujuan dosen Fakultas Teknologi Industri tersebut berada di AS tanpa sepengetahuan keluarga dan pihak kampus itu, Fathul enggan berspekulasi. Dia tetap meyakini bahwa Rafie tidak memiliki keterkaitan dengan gerakan-gerakan terlarang.

"Kami tidak melihat Mas Rafie pernah berafiliasi dengan lembaga yang visi misinya bertentangan dengan UII. Sehingga, kami kalau ada teori yang mengatakan terkait dengan gerakan-gerakan itu, cenderung itu sangat kecil peluangnya; meskipun kami belum punya informasi pasti yang memastikan teori itu, tapi kecil kemungkinan itu," jelasnya.

Menurut Fathul, Rafie sudah biasa bepergian ke luar negeri untuk mengerjakan proyek internasional. Rafie tercatat dua kali pergi ke AS pada 2022.

"Beliau sudah biasa ke luar negeri, sudah biasa kerja sama internasional. Jadi, ini kasus khusus ini, betul-betul kasus belum pernah terjadi dalam sejarah UII," tambahnya.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji berharap agar dosen Rafie segera ditemukan. Aji pun menyerahkan proses pencarian tersebut kepada KBRI mengingat Rafie hilang kontak saat berada di luar negeri.

"Paling tahu dan bisa melacak ya teman-teman KBRI, karena terakhir dia berada di sana (di luar negeri). Kalau misalnya dia memang keluar dari Turki, mudah-mudahan KBRI mengetahui tujuan setelah dari Turki kemana. Kita sekarang belum bisa memberikan informasi pasti tentang keberadaan yang bersangkutan," ujar Aji. 

 

 

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI terus memantau perkembangan kabar menghilangnya dosen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Ahmad Munasif Rafie Pratama. Pihaknya mengatakan, informasi mengenai perkembangan disampaikan langsung ke Rektor UII dan Ketua Umum Muhammadiyah.

"Kemenlu dan Perwakilan RI di tempat-tempat terkait telah bergerak mencari informasi ke berbagai otoritas setempat," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia Judha Nugraha dalam keterangannya pada Senin (20/2/2023).

Judha mengatakan, untuk menghormati privasi dan atas permintaan keluarga, informasi hanya disampaikan kepada pihak keluarga melalui Rektor UII. Ia mengatakan, Kemenlu RI juga siap memberikan bantuan lebih lanjut jika diperlukan oleh pihak keluarga dan UII.

"Semua perkembangan informasi yang didapat telah disampaikan Kemlu via Rektor UII dan juga Ketum Muhamadiyah, untuk kemudian disampaikan ke keluarga," kata Judha.

 

 
 
photo
Ilustrasi Kampanye di Kampus - (mgrol100)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement