Jumat 17 Feb 2023 13:21 WIB

Dewan Minta Pemprov DKI Beautifikasi TPU Rorotan Agar tak Angker

TPU khusus pasien Covid-19 di Jakut perlu direvitalisasi agar mengurangi kesan horor.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah petugas mengusung peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz
Sejumlah petugas mengusung peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- DPRD DKI Jakarta meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melakukan beautifikasi dengan merevitalisasi Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara (Jakut). Usulan itu bertujuan agar TPU khusus pasien Covid-19 tersebut bisa lebih estetik.

Ketua Komisi D DPRD DKI, Ida Mahmudah mengatakan, nilai estetika TPU tersebut dapat diwujudkan dengan pembangunan taman kota di lahan yang tersedia. Dengan beautifikasi tersebut, diharapkan dapat mengurangi kesan horor atau angker di TPU itu.

"Selama ini kan masyarakat Indonesia berpikirnya pemakaman itu angker. Makam itu menyeramkan. Kenapa sebagian lahannya tidak digunakan buat taman yang lebih bagus lagi. Coba itu dibuat, dikaji," kata Ida di Jakarta, Jumat (17/2/2023).

TPU yang memiliki area seluas 25 hektare tersebut, sejauh ini tiga hektare di antaranya sudah digunakan sebagai pemakaman pasien Covid-19 sejak Maret 2021. Fasilitas di TPU Rorotan, mencakakup ribuan petak makam, jalan akses masuk, dan jalan akses mobil ambulans, serta penerangan jalan umum.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI, Bayu Megantara mengatakan, pihaknya akan menelaah usulan dewan. Dia meyebut, secara prinsip, ada rencana untuk melakukan penambahan lahan. Langkah beautifikasi diperkirakan bisa dilakukan, namun perlu dikomunikasikan lebih lanjut dengan masyarakat.

"Prinsipnya kan lahan itu untuk pemakaman. Sekarang ini kan dalam proses perencanaan pembangunan nanti kita akan diskusikan dulu dengan masyarakat sekitar," tutur Bayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement