Rabu 15 Feb 2023 17:36 WIB

Reaktivasi Jalur Kereta Madura Segera Terealisasi

Reaktivasi jalur kereta Pulau Madura mendapat dukungan dari banyak pihak.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nora Azizah
Reaktivasi jalur kereta Pulau Madura mendapat dukungan dari banyak pihak.
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Reaktivasi jalur kereta Pulau Madura mendapat dukungan dari banyak pihak.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, pemerintah pusat memberikan respon positif terkait permintaan masyarakat Madura yang menginginkan jalur kereta di Pulau Garam kembali dioperasikan. Fauzi mengungkapkan, PT KAI telah bersurat kepada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sumenep, terkait inventarisasi aset, termasuk pembayaran Surat Pemberitahuan Pajak Tertuang (SPPT) yang biasa dilakukan setiap tahun.

"Alhamdulillah, setelah melakukan serangkaian komunikasi dan menyurati Presiden Joko Widodo, perjuangan kita, perjuangan masyarakat Madura yang menginginkan kereta api hidup lagi sudah satu langkah lebih maju," kata Fauzi, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga

Fauzi menilai, permintaan tersebut sekaligus menjawab harapan masyarakat Madura yang menginginkan moda transportasi kereta dihidupkan lagi. Fauzi berjanji akan segera menyiapkan data-data aset kereta ahar proses reaktivasi jalur kereta bisa lebih cepat dilaksanalan.

Fauzi melanjutkan, dialognya dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah terkait reaktivasi kereta di Pulau Madura juga mendapat respons positif. Dialog yang dimaksud dilaksakan ketika keduanya melakukan kunjungan kerja ke Sumenep, beberapa waktu lalu.

Fauzi pun mengaku, usulan reaktivasi jalur kereta Pulau Madura tersebut mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan masyarakat. "Selain kalangan pengusaha, usulan tersebut juga direspon positif oleh politisi dari daerah pemilihan Madura dan juga tokoh agama," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement