Selasa 14 Feb 2023 09:16 WIB

Bupati Sukabumi: Pengembangan Sektor Pertanian Percepat Pembangunan

Hasil dari pengembangan dan pemberdayaan sektor pertanian ini untuk masyarakat

Seorang buruh tani memanen cabai rawit di lahan pertanian Desa Perbawati, Sukabumi, Jawa Barat, (ilustrasi).
Foto: Antara
Seorang buruh tani memanen cabai rawit di lahan pertanian Desa Perbawati, Sukabumi, Jawa Barat, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan pengembangan dan pemberdayaan sektor pertanian pada setiap desa/kelurahan hingga kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat membantu mempercepat pembangunan daerah.

"Kabupaten Sukabumi memiliki lahan pertanian yang sangat luas, tentunya potensi ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat sehingga bisa membantu Pemkab Sukabumi dalam upaya percepatan pembangunan," kata Mirwan Hamami usai menghadiri Festival Durian dan Pasar Leuweung Sesi II Kalapanunggal, di Kawasan Agromina Wisata di Kampung Babakanjaya Wangi, Desa Gunungendut, Kecamatan Kalapanunggal, Senin, (13/2/2023) lalu.

Baca Juga

Menurut Marwan, pengembangan dan pemberdayaan sektor pertanian memiliki daya ungkit yang kuat untuk terwujudnya misi Pemkab Sukabumi sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sukabumi 2021-2026, yakni meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi berbasis agrobisnis dan pariwisata berkelanjutan.

Seperti yang dilakukan warga di Kecamatan Kalapanunggal atas berbagai kreativitas dan inovasinya dalam mengembangkan potensi pertanian di daerahnya mampu menghasilkan produk yang beraneka ragam mulai dari buah, sayuran, pangan, dan lainnya.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan nilai jual, warga pun mengolah berbagai hasil pertanian untuk dijadikan berbagai macam produk, seperti makanan ringan, maka dari itu dengan adanya inovasi tersebut bisa menggeliatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). serta menarik minat wisatawan untuk datang.

Tentunya hasil dari pengembangan dan pemberdayaan sektor pertanian ini untuk masyarakat, sehingga pendapatan meningkat yang berujung kepada kesejahteraan. "Melalui pengembangan dan pemberdayaan sektor pertanian tidak hanya mampu meningkat perekonomian masyarakat serta membantu percepatan pembangunan daerah, tetapi juga untuk menjaga ketahanan pangan," katanya pula.

Marwan mengatakan melalui festival buah maupun produk pertanian unggulan lainnya memiliki efek ganda atau multiplier effect yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat serta mendukung daya tarik wisatawan.

Pihaknya berharap, potensi lahan yang dimiliki Kabupaten Sukabumi bisa dimanfaatkan masyarakat setempat untuk menguatkan pengembangan komoditas pertanian dengan menghasilkan produk yang beranekaragam serta berkualitas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement